Advertisement

Perempuan Didorong Lakukan Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Pangan

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 27 April 2019 - 23:17 WIB
Sunartono
Perempuan Didorong Lakukan Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Pangan Inisiator Foodbank of Indonesia (FOI) Hendro Utomo (kanan) saat penandatanganan kerjasama dengan Dekan Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) UGM Prof Eni Harmayani di FTP UGM. - Ist/FOI.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Pemberdayaan ekonomi berbasis teknologi pangan harus terus dilakukan. Selain menjadi gerakan edukasi, kegiatan tersebut bertujuan untuk membuka akses pangan yang layak terutama bagi anak-anak.

Inisiator Foodbank of Indonesia (FOI) Hendro Utomo mengatakan untuk melakukan pemberdayaan ekonomi berbasis pangan pihaknya menggandeng Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) UGM untuk menggulirkan gerakan Sadari (Sayap Dari Ibu). Gerakan ini berupaya mewujudkan pemberdayaan ekonomi rumahan masyarakat desa dan pertanian.

Advertisement

"Kami berupaya untuk membantu dan mendorong kemajuan teknologi berbasis pangan lokal, dengan menggerakkan kaum perempuan sebagai penjaga ketahanan pangan keluarga. Desa Pucungsari Magelang menjadi pilot project gerakan ini," katanya melalui rilis yang diterima Harian Jogja, Sabtu (27/4/2019).

Dia menjelaskan, Sadari merupakan gerakan bersama untuk membuka akses pangan yang layak dan meningkatkan gizi anak. Gerakan ini masih membutuhkan kerja sama antara berbagai pihak, baik dari pemerintah, lembaga masyarakat, dunia usaha, media maupun akademisi.

"Melalui gerakan ini kami berharap kesejahteraan masyarakat dapat meningkat. Ini sejalan dengan hak-hak perlindungan anak, dan tentu saja amanah UUD 1945," katanya.

Dekan FTP UGM Prof Eni Harmayani mengatakan saat ini gaya hidup modern ikut mengubah perilaku makan masyarakat Indonesia. Makanan cepat saji yang tinggi lemak, tinggi kadar gula, dan terkadang mengandung bahan pengawet menjadi jenis makanan yang populer. Bahkan, di kalangan masyarakat kurang mampu. Kreativitas olahan pangan lokal dipertaruhkan bila hal ini terus dibiarkan.

“Padahal, Indonesia dikenal dengan keanekaragaman hayati berupa pangan lokal yang melimpah dan bernilai gizi tinggi," katanya.

Seharusnya, lanjut Eni, Indonesia mampu mencukupi gizi anak-anak dengan kekayaan pangan lokal yang melimpah. Memanfaatkan bahan makanan lokal dan segar mestinya bisa menjadi strategi utama untuk mencegah serta mengatasi kondisi kelaparan dan kurang gizi.

"Indonesia sebenarnya kaya dengan bahan pangan lokal. Sayangnya, kekayaan itu belum dikembangkan secara optimal. Padahal, banyak bahan pangan lokal yang tinggi kandungan gizinya saat ini juga menjadi tren pangan dunia," kata Eni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Terbitkan Aturan Turunan Terkait Tindak Pidana Kekerasan Seksual

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement