Advertisement

Volume Sampah Diprediksi Meningkat di H+3 Lebaran

Yogi Anugrah
Jum'at, 24 Mei 2019 - 07:57 WIB
Sunartono
Volume Sampah Diprediksi Meningkat di H+3 Lebaran Pengelola Depo sampah Nogotirto, Gamping, Harto, saat sedang beraktivitas, Kamis (23/5/2019). - Harian Jogja/Yogi Anugrah.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sleman memprediksi volume sampah di Sleman akan meningkat pada H+3 lebaran.

“Meningkatnya itu dirumah tangga masing-masing, pada hari pertama dan kedua lebaran itu kan kami tidak ada pelayanan, jadi sampah pasti ditampung di rumah. Pada hari ketiga sudah diambil oleh gerobak dan dibawa ke Depo, itu kan volume pasti melonjak karena akumulasi sampah beberapa hari,” kata Kepala UPT Pelayanan Persampahan DLH Sleman, Sri Restuti Nurhidayah, Kamis (23/5/2019).

Advertisement

Berdasarkan data dari DLH Sleman,  produksi sampah di Sleman mencapai 800 ton perharinya, sampah tersebut didominasi oleh sampah rumah tangga, dengan rata-rata produksi 0,67-0,70 Kilogram setiap orang perharinya. “Pada lebaran kan mungkin yang anak kos pada mudik, namun kan juga ada yang mudik ke Sleman, jadi hampir sama saja produksi sampahnya,” ujar Sri.

Lebih lanjut, ia mengatakan, pada ramadan ini, produksi sampah di Sleman cukup meningkat, salah satu faktornya, kata dia,  dikarenakan adanya pasar ramadan yang juga turut menyumbang sampah.

“Pasar ramadan itu tidak langganan layanan ke kami, biasanya sampah mereka bawa pulang, dan dari rumah baru diangkut oleh gerobak ke Depo sampah, kalau kami kan otomatis ambil di Depo,” kata dia.

Pengelola Depo sampah Nogotirto, Gamping, Harto, mengatakan, Depo yang sampah Nogotirto, biasanya menampung sampah dari dari Nogotirto, Banyuraden, Kwarasan, Jangkang, Mlangi, dan beberapa daerah lainnya.

Biasanya, kata dia produksi sampah sudah mulai meningkat sejak h-7 lebaran. “Karena kan keluarga banyak yang sudah mulai bersih-bersih rumah, otomatis banyak barang yang tidak dipakai dibuang. Biasanya didominasi sampah plastik,”kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkes Buka Pendaftaran Lowongan Nakes untuk 4 Rumah Sakit

News
| Kamis, 25 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement