Advertisement

MUDIK LEBARAN: Mobil Angkutan Barang Dilarang Lewat Jalan Nasional di Sleman

Yogi Anugrah
Kamis, 30 Mei 2019 - 16:07 WIB
Arief Junianto
MUDIK LEBARAN: Mobil Angkutan Barang Dilarang Lewat Jalan Nasional di Sleman Ilustrasi mobil angkutan barang. - Harian Jogja/Fahmi Ahmad Burhan

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Selama masa mudik dan balik Lebaran tahun ini, mobil pengangkut barang dilarang melintasi area sepanjang jalan nasional di Kabupaten Sleman.

Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Sleman Sulton Fatoni mengatakan hal tersebut sudah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan No.37/2019 tentang Pengaturan Lalu Lintas pada masa Lebaran 2019. Dalam beleid itu, mobil barang yang dikenakan pembatasan operasional adalah mobil barang dengan sumbu tiga atau lebih, mobil barang dengan kereta tempelan dan kereta gandengan.

Advertisement

“Dan juga mobil barang yang digunakan untuk mengangkut bahan galian meliputi tanah, pasir, dan/atau batu, bahan tambang, dan bahan bangunan,” ucap dia, Kamis (30/5/2019).

Dia menambahkan selama masa mudik Lebaran, mulai dari 30 Mei hingga 2 Juni, mobil barang memang dilarang melintas di ruas jalan tol dan jalan nasional. Setelah itu, pada masa arus balik Lebaram tepatnya pada 8-10 Juni, kebijakan yang juga bakal diterapkan kembali.

Namun, kata dia, aturan itu tidak berlaku untuk mobil barang pengangkut bahan bakar, baik BBM maupun BBG; pengangkut barang ekspor dan impor; pengangkut air minum dalam kemasan, pengangkut ternak, pupuk, paket pos, bahan pangan pokok; serta pengangkut sepeda motor. “Aturan itu bisa saja berdampak pada jalan kabupaten, sebab jalan kabupaten menjadi pilihan alternatif untuk dilintasi,” ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement