Advertisement

Antisipasi Lonjakan Permintaan selama Lebaran, Stok Gas Melon Ditambah 10%

Rahmat Jiwandono
Minggu, 02 Juni 2019 - 15:12 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Antisipasi Lonjakan Permintaan selama Lebaran, Stok Gas Melon Ditambah 10% Foto ilustrasi. - Bisnis Indonesia/ Nurul Hidayat

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Menjelang Hari Raya Idulfitri 2019, stok gas ukuran tiga kilogram atau gas melon untuk wilayah Gunungkidul ditambah. Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Gunungkidul menambah kuota sebanyak 10% dari ketersediaan harian.

Kepala Disperindag Gunungkidul, Johan Eko Sudarto, mengatakan kebutuhan gas melon di Bumi Handayani setiap harinya mencapai 12.100 tabung gas. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi meningkatnya penggunaan kebutuhan gas tiga kilogram selama Lebaran jajarannya mengajukan kuota tambahan ke Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM). "Kami minta penambahan sebanyak 1.210 tabung per harinya," ucap Johan saat jumpa pers persiapan Lebaran di Bangsal Sewokoprojo, Wonosari, belum lama ini.

Advertisement

Terkait dengan adanya penjualan gas melon diluar harga wajar, menurut Johan, jajarannya hanya dapat mengawasi dan mengimbau kepada para distributor agar tidak menaikkan harga. Ia berharap tidak ada kendala dalam pendistribusian gas tiga kilogram. "Kami bekerja sama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Gunungkidul untuk memastikan pendistribusian berjalan lancar," kata dia.

Pemkab Gunungkidul juga memastikan ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) saat libur Lebaran aman. Ketersediaan BBM sangat penting karena Gunungkidul merupakan daerah tujuan wisata yang selalu diserbu wisatawan saat libur Lebaran. "Prediksinya akan terjadi lonjakan kendaraan sebanyak 70% di seluruh DIY, maka kami juga perlu memastikan stok BBM," kata Johan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Tetapkan 5 Tersangka Baru Kasus Korupsi Timah, Bos Maskapai Penerbangan Terlibat

News
| Sabtu, 27 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement