Pembangunan Taman Budaya Gunungkidul Segera Dilanjutkan

Kondisi proyek pembangunan Taman Budaya Gunungkidul di Desa Logandeng, Kecamatan Playen, seperti terlihat beberapa waktu lalu. Tahap satu pembangunan fondasi untuk bangunan utama telah selesai dilakukan pada 2018. - Harian Jogja/David Kurniawan
10 Juni 2019 16:12 WIB Rahmat Jiwandono Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pembangunan Taman Budaya Gunungkidul (TBG) di Desa Logandeng, Kecamatan Playen, kembali dilanjutkan tahun ini. Pembangunan TBG di lahan seluas 2,8 hektare merupakan program pembangunan multiyears atau proyek jangka panjang.

Pembangunan TBG dimulai 2018 dengan anggaran sekitar Rp168 miliar yang bersumber dari Dana Keistimewaan (Danais) DIY. Pembangunan ditargetkan rampung pada Maret 2021.

Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul, Agus Subaryanta, mengatakan tahun lalu proyek pembangunan TBG mengerjakan pondasi dengan menghabiskan dana sekitar Rp15 miliar. Ia menjelaskan untuk tahun ini jajarannya mempersiapkan tender. "Setelah tender selesai kami harapkan proyek bisa dilanjutkan pada Agustus 2019," ujarnya, Senin (10/6/2019).

Agus menyatakan anggaran pembangunan yang disiapkan tahun ini sekitar Rp59 miliar. Sedangkan pada 2020 Danais yang dibutuhkan sekitar Rp70 miliar. "Namun untuk keputusannya tetap menjadi kewenangan Pemda DIY," katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan (Disbud) Gunungkidul, Agus Kamtono, mengungkapkan TBG dibangun dengan tiga lantai. “Di dalam TBG terdapat sejumlah fasilitas seperti joglo, panggung seni, amphitheatre, tempat ibadah, dan beberapa fasilitas pendukung lainnya,” kata Agus Kamtono.