Advertisement

Operasi Ketupat Progo: 76 Kasus, 4 Meninggal Dunia

Yogi Anugrah
Kamis, 13 Juni 2019 - 13:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Operasi Ketupat Progo: 76 Kasus, 4 Meninggal Dunia Kapolda DIY Irjen Pol Ahmad Dofiri (kiri) dan Danrem 072 Pamungkas, Brigjen Muhammad Zamroni (dua kiri) didampingi Forkopimda DIY saat apel gelar pasukan Operasi Ketupat Progo 2019 di halaman Mapolda DIY, Selasa (28/5 - 2019). Istimewa/Polda DIY

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Selama Operasi Ketupat Progo yang digelar 13 hari dan berakhir pada Senin (10/6/2019), Kepolisian Daerah (Polda) DIY mencatat terjadi 76 kasus kecelakaan lalu lintas di DIY dengan jumlah korban meninggal dunia empat orang dan delapan orang luka berat.

Angka kecelakaan tersebut mengalami peningkatan  dibandingkan tahun sebelumnya yang berjumlah 46 kasus. Namun secara fatalitas atau korban meninggal dan luka berat mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya yang tercatat lima orang meninggal dunia dan sembilan orang luka berat.

Kapolda DIY Irjen Pol Ahmad Dofiri mengatakan, pada tahun ini, ia memiliki beberapa catatan terkait dengan kecelakaan lalu lintas, sebab, kedatangan orang dengan kendaraan pribadi di DIY jauh lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya.

“Jadi mobilitas dan kepadatan di beberapa tempat di jalur-jalur wisata itu sangat tinggi sekali. Jalur-jalur wisata seperti di Gunungkidul dan beberapa jalur utama itu yang rawan kecelakaan,” kata Kapolda usai apel Konsolidasi Operasi Ketupat Progo, Kamis (13/6/2019).

Lebih lanjut, kata Dofiri, secara umum, Operasi Ketupat Progo 2019 berjalan dengan baik, situasi kamtibmas di DIY kondusif, termasuk juga ketika kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke DIY pada lebaran lalu.

“Alhamdulillah dapat terlaksana dengan baik dan lancar, yang menjadi target ketersediaan bahan pokok misalnya, terkendali dengan baik. Sisi kamtibmas situasinya kondusif. Untuk kasus lakalaut juga menurun, diduga karena adanya ubur-ubur di wilayah pantai sehingga  membuat wisatawan malas bermain air laut,” ujar dia.

Kabid Humas Polda DIY AKBP Yuliyanto menambahkan, pada operasi ketupat progo, personil kepolisian tidak hanya fokus dalam pengaturan lalu lintas, tetapi dalam operasi ini kepolisian juga fokus untuk melakukan pengamanan dan penindakan kriminalitas.

Berdasarkan data, jumlah kasus kriminalitas pada operasi ketupat progo tahun ini mencapai 23 kasus. Ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu yang hanya 13 kasus.

“Walaupun masih ada beberapa kekurangan dan kendala dalam pelaksanaan operasi, ini menjadi catatan untuk mengoptimalkan dan memaksimalkan pada operasi-operasi berikutnya,” kata AKBP Yuliyanto.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Bidik Dugaan Penggelembungan Harga APD Covid-19

News
| Sabtu, 20 April 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement