Atas Permintaan Keluarga, Pencarian Fery Anto, Mantan Pemain PSS Sleman dan Persis Diperpanjang

Dua petugas sedang menyiapkan drone untuk melakukan pencarian dua korban yang terbawa arus di Pantai Baru. - Harian Jogja/Kiki Luqmanul Hakim
25 Juni 2019 00:17 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL-- Tim gabungan pencarian dan penyelamatan masih terus melakukan upaya pencarian terhadap Ferry Anto Dwi Saputro, 35, yang tenggelam di Pantai Baru, Poncosari, Srandakan, Bantul, Kamis (20/6/2019), pekan lalu. Hingga hari keempat pencarian, mantan pemain PSS Sleman dan Persis Solo itu masih belum ditemukan.

Koordinator Satlinmas Rescue Wilayah 4 Bantul, Dwi Riaspamuji mengatakan sesuai standar operasional prosedur (SOP) proses pencarian sebenarnya berakhir pada Sabtu (22/6/2019) malam, pekan lalu. Namun atas permintaan keluarga akhirnya diperpanjang sampai satu pekan.

“Proses pencarianpun kami perluas tidak hanya di wilayah Bantul, tapi sampai wilayah Pantai Trisik dan pantai Bugel, Kulonprogo,” kata Dwi Riaspamuji, saat dihubungi Senin (24/6/2019) siang.

Dwi Riaspamuji mengatakan tim gabungan pencarian dan penyelamatan terdiri dari Satlinmas Rescue Wilayah 4 Bantul, Basarnas, TNI Angkatan Laut, Polisi Perairan Polda DIY, serta sejumlah relawan yang terlibat. Pihaknya membuka relawan lainnya yang ingin turut membantu menemukan korban.

Dalam proses pencarian di hari keempat, kata dia, fokus pencarian hanya bisa dilakukan melalui penyusuran wilayah darat. Penyisiran melalui laut tidak bisa dilakukan karena kondisi gelombang air laut sedang tinggai bahkan nelayan yang sudah terbiasa melautpun belum berani melaut, sehingga pencarian ke tengah laut tidak memungkinkan untuk dilakukan. Namun pemantauan lewat udara dilakukan melalui kamera drone.

Selain itu penyisiran juga lebih difokuskan ke wilayah barat mengingat angin laut bertiup ke arah barat sehingga kemungkinan korban terombang ambing ke arah barat.

Sebelumnya, Freya Fajrina Dwi, putri dari Ferry Anto Dwi Santoso juga ditemukan di pantai Trisik Kulonprogo pada Sabtu, pekan lalu. Jarak antara Pantai Trisik dan Pantai Baru sekitar 5-6 kilometer. Saat ditemukan Freya dalam kondisi meninggal dunia.

Freya Fajrina Dwi tenggelam di Pantai Baru bersama ayahnya Ferry Anto Dwi Saputro, Kamis (20/6/2019), sekitar pukul 09.35 WIB.