Advertisement

BBGRM di Kulonprogo Tingkatkan Kesadaran Berswadaya

Jalu Rahman Dewantara
Kamis, 27 Juni 2019 - 08:47 WIB
Sunartono
BBGRM di Kulonprogo Tingkatkan Kesadaran Berswadaya Wakil Bupati Kulonprogo, Sutedjo, ikut bergotong/royong membantu warga, beberapa waktu lalu. JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, NANGGULAN--Kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat(BBGRM) ke XVI dan Hari Kesatuan Gerak PKK (HKG-PKK) Ke-47 di Kulonprogo akhirnya selesai. Dimulai sejak akhir 2018 di Kecamatan Kalibawang, sebanyak 12 kecamatan di Kulonprogo secara bergiliran menjadi tuan rumah acara. Adapun kegiatan penutup diselenggarakan di Kecamatan Nanggulan, Rabu (26/6/2019).

Camat Nanggulan Duana Heru Supriyanta, mengatakan, animo masyarakat Nanggulan untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini sangat tinggi. Mereka mau bergotong royong dan swadaya. Di samping memberikan bantuan uang, tenaga, pikiran dan barang, masyarakat juga mau merelakan tanahnya tanpa minta ganti rugi untuk pembangunan daerah.

Advertisement

“Sebagai contoh, ada tiga ruas jalan yang warganya merelakan tanahnya untuk pelebaran jalan di Nanggulan yaitu, Jalan baru Puskesmas Nanggulan ke selatan menuju ke Plugon Donomulyo. Jalan Watu Kodok di Banyuroto, Jalan menuju Dusun Klampis di Bulak Sawah Gedehe Tanjungharjo.” kata Duana.

Duana menjelaskan saat ini masyarakat semakin sadar bahwa pelebaran dan pembukaan jalan baru akan menaikkan harga tanah. Selain itu dapat membuka peluang usaha di wilayah tersebut.

Kepala Dinas PMD Dalduk dan KB, Kulonprogo Sudarmanto, berharap lewat kegiatan ini bisa menggelorakan, menggemakan dan menyemangati semangat gotong royong yang merupakan kepribadian, local wisdom, kebudayaan masyarakat Kulonprogo.

"Dengan BBGRM tentu merupakan upaya untuk memelihara ataupun merawat, memupuk bahkan menginternalisasi dari generasi ke generasi, agar semangat gotong royong tetap terpatri di lingkungan masyarakat Kulonprogo," kata Sudarmanto dalam sambutannya pada kegiatan BBGRM di Kecamatan Nanggulan.

Dia menjelaskan kegiatan tahun ini dimeriahkan lomba inovasi UMKM dari 12 kecamatan. UMKM terbaik mendapatkan.  Selain itu disuguhkan juga empat bidang, yakni fisik, sosial, ekonomi dan budaya. Keempat bidang telah ditampilkan di masing-masing kecamatan.  Sementara, untuk swadaya masyarakat yang terkumpul selama BBGRM ini mencapai Rp38 miliar. Dana tersebut dapat digunakan masing-masing desa untuk pembangunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement