Program Inovasi Desa, Gunungkidul Raih Predikat Terbaik Se-Indonesia

Ilustrasi petani di desa - JIBI
05 Juli 2019 19:12 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Pemkab Gunungkidul mendapatkan penghargaan dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Terluar (Kemendes PDTT) sebagai daerah terbaik dalam tata kelola Program Inovasi Desa. Penghargaan ini diberikan karena dalam pelaksaannya memegang penuh prinsip transparansi dan dapat dipertanggungjawabkan penggunaannya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKBPMD) Gunungkidul, Sujoko, mengatakan mengaku bangga dengan penghargaan sebagai kabupaten terbaik untuk Program Inovasi Desa. Menurut dia penghargaan diberikan kepada enam kabupaten terbaik di Indonesia. “Gunungkidul menjadi nomor satu,” kata Sujoko kepada wartawan, Jumat (5/7/2019).

Menurut dia, di dalam penilaian berdasarkan kriteria dari Inspektorat Jenderal yang meliputi penyerapan anggaran Progam Inovasi Desa, transaransi dan akuntabilitas dalam pelaporan serta kinerja dari Tim Inovasi Kabupaten. “Dari indikator ini Pemkab Gunungkidul memperoleh nilai terbaik dan berhak mendapatkan penghargaan dari Kemendes PDTT,” tuturnya.

Menurut dia, pemberian penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap kinerja yang dilakukan. Dia pun ingin agar penghargaan itu dijadikan sebagai penyemangat untuk terus meningkatkan kinerja.

Selain pemberian penghargaan juga digelar workshop Pengawasan Program Inovasi Desa. Diharapkan dengan workshop ini dapat memberikan informasi tentang akuntabilitas pengelolaan dalam inovasi, capaian kinerja kinerja hingga upaya menggali potensi yang ada di desa.

“Tujuannya agar masyarakat dapat lebih memahami ilmu dan skill yang diperlukan. Salah satunya untuk mengolah kekayaan dan potensi yang ada di desa dengan terobosan-terobosan baru dan bisa dipertanggungjawabkan secara administrasi,” katanya.

Bupati Gunungkidul, Badingah, mengapresiasi raihan prestasi dalam Program Inovasi Desa. Menurut dia, keberhasilan ini berkat kerjasama semua pihak sehingga prestasi yang membanggakan ini dapat diraih. “Harapannya melalui program ini akan tumbuh inovasi dan kreativitas oleh desa pada bidang infrastruktur, kewirausahaan dan pemberdayaan sumber daya manusia (SDM) sehingga potensi yang dimiliki dapat lebih optimal,” katanya.