Advertisement

13.000 Batang Pohon Siap Ditanam DLH Sleman Tahun Ini

Yogi Anugrah
Rabu, 10 Juli 2019 - 18:02 WIB
Arief Junianto
13.000 Batang Pohon Siap Ditanam DLH Sleman Tahun Ini Ilustrasi menanam pohon - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Sebanyak 13.000 batang pohon disiapkan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sleman. Batang-batang pohon itu bakal dipasang di sekitar area traffic light.

Kepala DLH Kabupaten Sleman Dwi Anta Sudibya mengakui saat ini memang tak ada ruang khusus untuk penanaman pohon di sekitar jalan, namun dinasnya tetap berupaya menambah jumlah pohon di jalanan Bumi Sembada.

Advertisement

"Itulah sebabnya kami tetap berusaha memaksimalkan ruang untuk menanam pohon. Untuk penambahan pohon lebih kami fokuskan pada beberapa simpang yang banyak kendaraan berhenti [di sekitar traffic light]," ujar dia saat ditemui seusai peringatan Hari Lingkungan Hidup di Dusun Dayakan, Desa Sardonoharjo, Kecamatan Ngaglik, Rabu (10/7/2019).

Tak hanya ditanam oleh DLH Sleman, belasan ribu batang pohon itu juga bakal ia bagikan kepada masyarakat. Warga, ia minta turut membantu menanam pohon-pohon tersebut.

"Kami mengarahkan menanam kalau sudah mau masuk musim penghujan. Dengan harapan musim penghujan kemungkinan hidupnya akan semakin besar," kata Dwi.

Dia mengklaim kondisi udara di wilayah Sleman sejauh ini masih baik. Hal itu mengacu pada indeks kualitas udara di Sleman yang masih mencapai 78,73. “Walaupun kondisi udara baik, tetap jangan lengah. Tahun ini kami menyediakan 13.000 batang tanaman yang siap tanam,” kata dia. 

Dia mengatakan menambah pohon di jalan merupakan salah satu cara untuk menjaga kualitas udara. Selain dapat menyerap emisi karbon, kata dia, keberadaan pohon juga membuat suasana lebih sejuk.

Terlebih, kata dia, berdasarkan data yang dirilis oleh Organisasi Kesehatan Internasional (WHO), setidaknya  ada tujuh orang meninggal dunia setiap tahunnya akibat polusi udara. “Polusi udara adalah darurat global. Kalau masyarakat mau menanam tanaman namun terbatas oleh lahan, bisa pakai pot, yang diletakkan di kanan kiri rumah,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement