Advertisement

Hasil Pantauan, Seperti Ini Kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah-Sekolah di Jogja

Uli Febriarni
Kamis, 18 Juli 2019 - 01:17 WIB
Nina Atmasari
Hasil Pantauan, Seperti Ini Kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah-Sekolah di Jogja Sejumlah peserta didik baru sedang mengikuti pembekalan PLS pada hari pertama, di sebuah sekolah negeri Kota Jogja, Senin (15/7/2019). - Harian Jogja/Uli Febriarni

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-- Kepala Dinas Pendidikan Kota Jogja, Budi Santosa Asrori mengatakan tidak ada pelaksanaan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) yang menyimpang dari aturan yang berlaku, selama tiga hari berlangsungnya PLS.

"PLS telah berjalan dengan baik. Tidak ada permasalahan-permasalahan, ya pantauan kami, semua sudah sesuai imbauan Dinas Pendidikan Kota Jogja," ujarnya, Rabu (17/7/2019).

Advertisement

Menurut dia, sampai hari ketiga pelaksanaan PLS belum ada informasi ditemukan hal-hal yang bertentangan dengan nilai-nilai pendidikan. Ia menyebut, jumlah hari pelaksanaan PLS di tiap sekolah berbeda-beda, ada yang tiga hari ada pula yang lima hari, bergantung pada kebijakan sekolah.

"Ada tim pemantau dari Dinas Pendidikan Kota Jogja yang memantau pelaksanaan PLS di sekolah-sekolah," kata dia.

PLS berfungsi sebagai kegiatan pengenalan lingkungan sekolah yang baru kepada para siswa. Agar para siswa merasa senang dengan lingkungan baru dan cepat menyesuaikan diri, imbuhnya.

Kepala SMPN 1 Jogja, Niken Sasanti mengatakan, kegiatan-kegiatan PLS yang ada di sekolah, dirancang agar para siswa senang dan antusias mengikuti PLS.

Melalui beragam kegiatan yang dilaksanakan selama PLS, para siswa merasa nyaman berada di sekolah.

"Sekolah adalah rumah kedua bagi mereka, jadi mereka nyaman dengan kakak kelas, guru dan karyawan. Mereka bersemangat untuk belajar bahwa belajar itu menyenangkan," ujar Niken.

Kepala SMP N 8 Jogja, Retna Wuryaningsih mengatakan, siswa perlu mendapatkan rasa nyaman terlebih dahulu di sekolah. Selain nyaman, anak-anak perlu diyakinkan bahwa di sekolah mereka terbebas dari kekerasan, perundungan. Baik yang dilakukan karyawan, guru atau kakak kelas.

"Tidak diperkenankan ada kekerasan. Kalau anak sudah nyaman mereka akan senang. Ketika belajar di sekolah dengan rasa senang, maka pendekatan karakter dan prestasi akademik yang diharapkan sekolah, bisa tercapai," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 3 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang DPO Kasus Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Ditangkap di Papua

News
| Sabtu, 20 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement