Advertisement

82 Kasus Kebakaran Terjadi di Bantul

Kiki Luqmanul Hakim (ST16)
Selasa, 06 Agustus 2019 - 08:37 WIB
Nina Atmasari
82 Kasus Kebakaran Terjadi di Bantul Ilustrasi. - Bisnis/Paulus Tandi Bone

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bantul, Dwi Daryanto menyampaikan bahwa mulai bulan Januari hingga Juli 2019, pihaknya mencatat ada 82 kejadian kebakaran di Bantul. Musim kemarau turut menjadi pemicunya.

“Dari bulan Januari sampai Juli kemarin ada 82 kejadian, sedangkan di Juli ada 26 kejadian kebakaran. Itu berdasarkan catatan kami,” kata Dwi ketika di Hubungi Harianjogja.com pada Sabtu (5/8/2019).

Advertisement

Dwi juga mengatakan selain cuaca, pemicu kebakaran adalah lalainya seseorang ketika sedang membakar sampah yang dapat menyebabkan kebakaran lahan. Sedangkan untuk kebakaran rumah biasanya dipicu oleh si pemilik rumah tersebut.

“Kalau rumah itu biasanya dipicu sama human error atau pemiliknya sendiri, terkadang masih banyak orang yang lupa mematikan kompor ataupun saluran listrik yang konslet dan juga lainnya. Jadi pemakaian listrik yang tidak wajar juga jadi pemicu kebakaran,” lanjut Dwi.

Menurut Dwi, seharusnya pada musim angin dan juga kemarau pada tahun ini para warga mampu menahan untuk tidak membakar sampah tanpa diawasi dengan ketat. Selain itu warga juga harus selalu mengecek kembali saluran listrik sebelum meninggalkan rumah.

“Sebetulnya hanya denga dua cara itu kejadian kebakaran bisa diminimalisir, karena pemicu yang paling banyak dua itu tadi. Harusnya masyarakat bisa lebih bijak ketika akan membakar sampah dan juga meninggal kan rumah,” kata Dwi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 11 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BNPB: Dampak Kerusakan Gempa di Bali Ditangani dengan Cepat

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement