82 Kasus Kebakaran Terjadi di Bantul

Ilustrasi. - Bisnis/Paulus Tandi Bone
06 Agustus 2019 08:37 WIB Kiki Luqmanul Hakim (ST16) Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bantul, Dwi Daryanto menyampaikan bahwa mulai bulan Januari hingga Juli 2019, pihaknya mencatat ada 82 kejadian kebakaran di Bantul. Musim kemarau turut menjadi pemicunya.

“Dari bulan Januari sampai Juli kemarin ada 82 kejadian, sedangkan di Juli ada 26 kejadian kebakaran. Itu berdasarkan catatan kami,” kata Dwi ketika di Hubungi Harianjogja.com pada Sabtu (5/8/2019).

Dwi juga mengatakan selain cuaca, pemicu kebakaran adalah lalainya seseorang ketika sedang membakar sampah yang dapat menyebabkan kebakaran lahan. Sedangkan untuk kebakaran rumah biasanya dipicu oleh si pemilik rumah tersebut.

“Kalau rumah itu biasanya dipicu sama human error atau pemiliknya sendiri, terkadang masih banyak orang yang lupa mematikan kompor ataupun saluran listrik yang konslet dan juga lainnya. Jadi pemakaian listrik yang tidak wajar juga jadi pemicu kebakaran,” lanjut Dwi.

Menurut Dwi, seharusnya pada musim angin dan juga kemarau pada tahun ini para warga mampu menahan untuk tidak membakar sampah tanpa diawasi dengan ketat. Selain itu warga juga harus selalu mengecek kembali saluran listrik sebelum meninggalkan rumah.

“Sebetulnya hanya denga dua cara itu kejadian kebakaran bisa diminimalisir, karena pemicu yang paling banyak dua itu tadi. Harusnya masyarakat bisa lebih bijak ketika akan membakar sampah dan juga meninggal kan rumah,” kata Dwi.