Advertisement

Festival Angon Bocah Dorong Terciptanya Dusun Ramah Anak

Hafit Yudi Suprobo
Selasa, 08 Oktober 2019 - 04:17 WIB
Nina Atmasari
Festival Angon Bocah Dorong Terciptanya Dusun Ramah Anak Festival Angon Bocah di Kawasan Dusun Ramah Anak di Padukuhan Jomblang, Sendangadi, Mlati, Sleman, Minggu (6/10/2019). - Ist/ Dok Humas Pemkab Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Festival Angon Bocah di Kawasan Dusun Ramah Anak yang terletak di Padukuhan Jomblang, Desa Sendangadi Kecamatan Mlati Kabupaten Sleman yang dimeriahkan oleh ratusan anak dinilai mampu mendukung terciptanya daerah ramah anak.

Kegiatan yang merupakan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Sleman dan Pemerintah Desa Sendangadi ini melibatkan ratusan anak dalam sejumlah kegiatan, di antaranya pertunjukan seni dan budaya, permainan tradisional, hingga kegiatan literasi.

Advertisement

Kepala Desa Sendangadi, Damanhuri menjelaskan kegiatan Festival Angon Bocah merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mewujudkan Dusun Ramah Anak di wilayah Kabupaten Sleman.

“Kami bersama perangkat desa bekerjasama dengan sejumlah instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman berupaya untuk mewujudkan desa ramah lingkungan, salah satunya melalui kegiatan Festival Angon Bocah,” ujar Damanhuri, Minggu (6/10/2019).

Lebih lanjut, Damanhuri juga menuturkan bahwa dalam kegiatan tersebut, anak–anak diberikan ruang untuk berekspresi melakukan kegiatan yang menjadi minatnya yang diakomodiasi dalam berbagai kegiatan. Hal tersebut dinilai sebagai langkah yang tepat untuk membangun karakter anak yang baik.

“Ini merupakan kesempatan kita sebagai orang tua dan masyarakat untuk memberikan perhatian kepada anak-anak dan memberikan lingkungan yang ramah terhadap anak demi tumbuh kembang yang baik bagi anak,” ujarnya.

Dalam kegiatan Festival Angon Bocah ini, sejumlah anak mengikuti berbagai kegiatan sejak pagi hari, yaitu dimulai dengan kegiatan kirab budaya, penampilan seni tari, membaca buku, membatik serta bermain permainan tradisional. Seluruh anak tampak antusias mengikuti berbagai kegiatan yang diselenggarakan dalam Festival Angon Bocah.

Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun yang turut hadir dalam kegiatan tersebut memberikan apresiasi penuh bagi penyelenggaraan Festival Angon Bocah.

Menurut Sri Muslimatun, kegiatan ini merupakan upaya dalam membangun karakter anak dan menyiapkan generasi emas Indonesia.

“Hari ini anak-anak kita gali potensinya, ada yang menari, ada yang menyanyi, dolanan bocah tradisional, semuanya dikemas dalam rangka Gugus Desa Ramah Anak yang melibatkan beberapa organisasi Pemerintah Kabupaten Sleman," ungkap Sri Muslimatun.

Sri Muslimatun juga menjelaskan bahwa saat ini, sebanyak 86 Desa di wilayah Kabupaten Sleman telah dicanangkan sebagai Gugus Desa Ramah Anak. "Hal tersebut merupakan wujud nyata kerjasama antara Pemerintah Daerah dan masyarakat dalam menyiapkan generasi emas bangsa Indonesia," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement