Advertisement

Dosen STIM YKPN Berlatih Menulis di Jurnal Internasional

MediaDigital
Selasa, 29 Oktober 2019 - 07:37 WIB
Bhekti Suryani
Dosen STIM YKPN Berlatih Menulis di Jurnal Internasional Pemateri dan peserta pelatihan penulisan jurnal STIM YKPN, berfoto bersama beberapa waktu lalu. - Ist/STIM YKPN

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA-- Profesionalisme dosen merupakan salah satu tolok ukur dalam sistem penjaminan mutu akademik. Salah satu bentuk profesionalisme adalah lahirnya karya akademik dari kalangan dosen, yang ditulis di jurnal berkelas internasional.

Guna meningkatkan profesionalisme dosen, Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Yayasan Keluarga Pahlawan Negara (STIM YKPN) Jogja, menyelenggarakan pelatihan dan pendampingan penulisan paper di jurnal terindeks Scopus. Pelatihan ini menghadirkan Jumintono, sebagai narasumber dari Rumah Scopus. Pelatihan digelar Jumat (25/10/2019) lalu, sehari penuh. Pada acara pelatihan itu Ketua STIM YKPN, Suparmono, menyatakan profesionalisme dosen tidak hanya ditunjukkan saat pembelajaran di kelas, meneliti dan melakukan kegiatan pengabdian ke masyarakat.

Advertisement

“Saat ini tuntutan profesionalisme tidak hanya melalui sejumlah kegiatan tersebut, tetapi juga menulis di jurnal internasional yang diakui oleh dunia akademik secara global, salah satunya adalah jurnal terindeks Scopus,” kata suparmono, melalui rilis Senin (28/10/2019).

Jumintono dalam pemaparan materi menyampaikan pentingnya artikel-artikel dosen yang diterbitkan ke jurnal-jurnal internasional terindek Scopus. Adapun dalam pelatihan kali ini Jumintono, menyampaikan metode dalam penulisan artikel yang dapat diterima di jurnal terindek Scopus.

Beberapa persyaratan yang ditekankan antara lain; menggunakan Microsoft Word, adanya Internet dengan kapasitas yang tinggi, bisa akses ke Scopus.com, Elsevier.com, memiliki program Mendeley, SciHub dan Gramarly yang terinstal ke komputer, mampu berbahasa Inggris meskipun terbatas, bisa mengkases Researcher, Scimago dan melakukan research collaborator.

“Rumah Scopus siap mendampingi dosen-dosen STIM YKPN yang akan melakukan penulisan artikel ke jurnal internasional terindeks Scopus,” kata Jumintono. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Densus 88 Menangkap Lagi Satu Terduga Teroris, Total Delapan Orang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement