Cagar Budaya di Kotabaru Berpotensi Jadi Kawasan Wisata

Bangunan Museum Sandi menjadi salah satu cagar budaya di kawasan Kotabaru. Foto diambil belum lama ini. - Harian Jogja/Sunartono
02 Desember 2019 18:27 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Kelurahan Kotabaru, Kecamatan Gondokusuman, Kota Jogja memiliki sejumlah bangunan cagar budaya yang berpotensi untuk dikembangkan ke arah wisata. Ke depan, sejumlah bangunan tersebut diharapkan bisa dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata.

Kasi Pemberdayaan Kelurahan Kotabaru Gondokusuman, Kota Jogja Agus Hari Yadi menjelaskan untuk mengembangkan cagar budaya menjadi potensi wisata butuh dukungan dari semua pihak. Ke depan perlu untuk dikemas untuk menjadi wisata cagar budaya yang bisa memberikan manfaat bagi warga sekitar. Terlebih kawasan Kotabaru banyak terdapat cagar budaya, seperti misalnya peninggalan zaman Belanda yang sering diburu informasinya oleh wisatawan asal Belanda yang ingin tahu seputar nenek moyang mereka saat di Indonesia.

“Kami memiliki wacana ke depan itu kami [kelurahan] punya guide yang berkompeten nanti bisa memberikan penjelaskan kepada turis asing, harapan kami dari warga lokal,” katanya belum lama ini.

Untuk itu dia mengaku butuh pelatihan guna bisa mengembangkan potensi tersebut. Mulai dari guide bisa diambilkan dari warga yang berkompeten hingga transportasi untuk wisatawan, seperti sepeda yang bisa dipakai untuk berkeliling kawasan. Pihaknya memiliki konsep Kotabaru ke depan untuk meningkatkan ekonomi-pariwisata. Salah satunya wisata cagar budaya. Melalui wisata ini ia meyakini akan memberikan efek positif bagi perekonomian, mulai dari pengembangan tempat kuliner, kerajinan.

“Harapannya dari wisata cagar budaya ini, nanti pengunjung bisa mampir ke tempat kerajinannya, ke tempat kuliner sehingga saling melengkapi dan hidup di semua sektor,” ujarnya.

Sejumlah cagar budaya maupun peninggalan budaya di kawasan Kotabaru, antara lain SMA Bokpri 1 Jogja, Gedung Balai Bahasa, Museum Candi, serta sejumlah rumah warga beberapa di antaranya ada yang termasuk cagar budaya. “Di Kotabaru banyak sekali gedung gedung cagar budaya maupun peninggalan budaya seperti masjid, gereja, gardu listrik. Juga ada makam peninggalan Ki Ageng Serang di wilayah Krasak Kotabaru tepatnya di RT17,” katanya.