Parkir di Gembira Loka, Wisatawan Gunakan Shuttle Bus Menuju Malioboro

Sejumlah bus parkir di Lahan Parkir Gembira Loka sisi barat, Selasa (24/12/2019). - Harian Jogja/Sunartono.
25 Desember 2019 04:17 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Pemerintah menyiapkan Parkir Gembira Loka di Jalan Veteran Jogja sebagai salah satu tempat parkir bus dan disediakan shuttle untuk mengakut penumpang menuju ke kawasan Malioboro. Parkir di kawasan ini tergolong murah, untuk bus hanya dipatok Rp10.000.

Petugas Parkir Barat Gembira Loka Yogyakarta Kusyono menjelaskan jumlah wisatawan yang  memarkir kendaraan roda empat baik kendaraan pribadi maupun bus meningkat di bandingkan hari-hari biasa. Pada Selasa (24/12/2019) misalnya lebih dari 60 kendaraan yang memarkir di parkir sisi barat. Sebagian besar lebih didominasi kendaraan pribadi yang berasal dari luar DIY, namun untuk bus rombongan sudah mulai berkurang.

“Kalau hari ini lebih banyak kendaraan pribadi, karena mereka berlibur bersama keluarga, dibandingkan hari biasa ada peningkatan. Untuk bus cukup banyak juga tetapi tampaknya malah lebih banyak pekan lalu [sepekan sebelum Natal], karena biasanya rombongan sekolah,” katanya, Selasa (24/12/2019).

Ia menambahkan, untuk parkir barat saat ini belum disediakan shuttle bus dari Trans Jogja, layanan itu baru tersedia parkir timur Gembira Loka. Khusus untuk parkir barat dibatasi sampai pukul 17.00 WIB, sedangkan parkir timur bisa sampai pukul 22.00 WIB. Bus yang parkir dan penumpangnya menggunakan layanan shuttle, menurutnya cukup banyak. Lahan parkir itu bisa menjadi pilihan bagi para sopir bus karena relatif luas dan tarif parkir standar.

Adapun tarif parkir bus di Gembira Loka sebesar Rp10.000, sedangkan kendaraan pribadi Rp5.000. Biasanya saat sore hari ada beberapa bus yang ingin masuk ke parkir barat tetapi kemudian diarahkan ke parkir timur yang buka hingga malam hari. Hanya saja ada perbedaan tarif antara parkir siang dengan malam.

“Kalau yang pakai shuttle sudah ada, pakai Trans [Jogja], tetapi untuk barat ini belum ada, sementara masih di timur,” katanya.

Kepala Dinas Perhubungan DIY Sigit Sapto Raharjo mengatakan, pemerintah menyiapkan sejumlah lahan parkir terutama untuk bus di kawasan pinggiran seperti di Parkir Gembira Loka, Parkir Timur GOR Amongrogo, serta lahan STIE Kerjasama. Khusus untuk dua titik seperti Gembiro Loka dan GOR Amongrogo disiapkan shuttle khusus bus Trans Jogja.

“Sehingga harapannya bus tidak kesusahan mencari parkir di area Malioboro, kami juga sediakan shuttle untuk mengangkut penumpang jika ingin ke Malioboro,” katanya.