Advertisement

Aksesibilitas ke Bandara YIA Masih Kurang

Lajeng Padmaratri
Minggu, 29 Desember 2019 - 08:47 WIB
Nina Atmasari
Aksesibilitas ke Bandara YIA Masih Kurang Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau perkembangan Yogyakarta International Airport pada Sabtu (28/12/2019). - Harian Jogja/Lajeng Padmaratri

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO-- Aksesibilitas antara Yogyakarta International Airport (YIA) dengan moda transportasi lain belum maksimal.

Pelaksana Tugas Sementara General Manager YIA, Agus Pandu Purnama mengakui jika aksesibilitas di YIA masih kurang. Untuk itu, pihaknya terus berkoordinasi dengan moda transportasi lain untuk bersinergi.

Advertisement

"Aksesibilitas memang masih menjadi handicap-nya bandara, karena jaraknya dengan downtown cukup jauh, jadi kami akan membahas ini supaya headway-nya jelas dan dipublikasikan ke masyarakat," kata dia, saat menerima kunjungan Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi di Yogyakarta International Airport pada Sabtu (28/12/2019).

Saat ini, akses kereta api menuju YIA via Stasiun Wojo, Purworejo sudah tersedia 34 kereta yang terdiri dari 24 kereta bandara dan 10 kereta intercity. Dari Stasiun Wojo, penumpang bisa menggunakan bus Damri untuk menuju ke YIA sementara rel kereta api yang langsung menuju YIA sedang dibangun.

"Dari internal YIA kami juga akan join dengan bus baik swasta maupun BUMN untuk memberikan subsidi, sehingga harganya bisa terjangkau untuk rute tertentu," tambah Pandu.

Sejauh ini, YIA sudah melayani 34 penerbangan. Bandara ini baru akan sepenuhnya beroperasi pada Maret 2020 mendatang. Saat ini progres pembangunan bandara mencapai 89% dan akan terus dikejar hingga awal tahun, sekaligus dengan pemindahan 150 penerbangan domestik dan 16 penerbangan internasional dari Bandara Adisutjipto ke YIA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Pastikan Tidak Impor Bawang Merah Meski Harga Naik

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement