Adik Ipar Presiden Jokowi Kandidat Kuat Calon Bupati Gunungkidul yang Diajukan Nasdem

Wahyu Purwanto (tiga kanan) saat ikut Pilkada Gunungkidul 2015 - Harian Jogja/Dok
13 Januari 2020 16:27 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Adik ipar Presiden Joko Widodo (Jokowi), Wahyu Purwanto, menjadi kandidat kuat calon Bupati Gunungkidul yang diusung Partai Nasdem.

DPD Nasdem Gunungkidul hingga sekarang belum mendapatkan rekomendasi calon yang akan diajukan di Pilkada 2020 dari DPP. Meski demikian, pasangan Wahyu Purwanto-Bahron Rasyid dianggap punya kans besar.

Ketua DPD Nasdem Gunungkidul Suparjo mengatakan partainya sudah menyelesaikan proses penjaringan bakal calon kepala daerah. Ada lima nama yang diajukan sebagai calon bupati dan tiga nama sebagai calon wakil bupati.

Tiga nama teratas calon bupati yang diajukan adalah mantan Rektor Universitas Gunungkidul Wahyu Purwanto, Mayor Sunaryanto, dan Budi Oetama Prasetya. Adapun calon wakil bupati yang diajukan adalah Kepala Disdikpora Gunungkidul Bahron Rasyid, Dadang Iskandar, dan Supar Sarwo Putro. “Sebenarnya masih ada dua nama bakal calon bupati, yakni Zuhrif Hudaya dan Bambang Krisnadi. Tapi keduanya berada di urutan empat dan lima,” kata Suparjo, Senin (13/1/2020).

DPD Nasdem Gunungkidul sudah mencoba menanyakan rekomendasi calon kepala daerah yang diusung ke DPP. Namun, kemungkinan surat tersebut baru turun pada Februari atau Maret mendatang. “Kami masih harus menunggu,” katanya.

Meski rekomendasi belum turun, duet Wahyu Purwanto-Bahron Rasyid diprediksi menjadi kandidat terkuat yang akan diusung oleh Nasdem. Di beberapa kesempatan, keduanya sudah sering tampil bersama-sama dengan masyarakat.

Suparjo mengakui duet Wahyu Purwanto-Bahron Rasyid merupakan duet yang paling getol turun ke masyarakat. “Ya memang keduanya sekarang intens turun ke masyarakat dan masuk kandidat, tapi kalau putusan siapa yang diusung menunggu rekomendasi DPP,” katanya.

Hal tak jauh berbeda diungkapkan oleh Sekretaris DPW Nasdem DIY Suharno. Menurut dia, partai masih menunggu rekomendasi dari DPP. Ia berharap Wahyu Purwanto yang mendapatkan rekomndasi. “Kemungkinan besar akan berduet dengan Bahron Rasyid,” ungkapnya.

Adik Ipar Jokowi

Kemunculan Wahyu Purwanto dalam bursa calon kepala daerah bukan hal baru. Di Pilkada 2015 lalu, dia juga tampil sebagai calon wakil bupati berpasangan Subardi. Sayangnya, pasangan ini gagal karena kalah bersaing dari pasangan Badingah-Immawan Wahyudi.

Selain pernah menjadi rektor Universitas Gunungkidul, pria kelahiran Bojonegoro ini juga tercatat sebagai adik ipar Presiden Jokowi. “Istrinya adalah adik dari Pak Jokowi,” kata Suharno.

Dia mengatakan peluang besar yang dimiliki Wahyu sebagai salah satu calon bukan karena kerabat Presiden. Menurut Suharno, sejak menjabat sebagai rektor UGK, Wahyu sudah berkomitmen dalam upaya pembangunan di Gunungkidul. “Kerabat Presiden hanya faktor, tetapi dari dulu Pak Wahyu juga sudah sering melakukan pendampingan ke petani,” katanya.

Wahyu Purwanto senggan berkomentar panjang lebar bekaitan dengan Pilkada 2020 ataupun masalah status sebagai ipar dari Jokowi. “Kalau mengenai pilbup, saya tidak mau berkomentar,” kata dia.