Advertisement

Siswa Tenggelam: Mengenang Kembali Tragedi 15 Pramuka MTsN Piyungan yang Tewas Tenggelam Saat Mencari Ikan

Budi Cahyana
Jum'at, 21 Februari 2020 - 20:47 WIB
Budi Cahyana
Siswa Tenggelam: Mengenang Kembali Tragedi 15 Pramuka MTsN Piyungan yang Tewas Tenggelam Saat Mencari Ikan Ambulans berdatangan ke kawasan Sungai Sempor, Turi, Sleman, yang menjadi lokasi tewasnya sejumlah siswa SMPN 1 Turi, Jumat (21/2/2020) - Harian Jogja / Hafit Yudi Suprobo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Susur Sungai Sempor yang diikuti ratusan murid SMPN 1 Turi, Sleman, dalam kegiatan Pramuka, Jumat (21/2/2020) berubah menjadi malapetaka. Arus kali tiba-tiba deras dan menyeret beberapa siswa. Enam siswa ditemukan meninggal dunia dan lima lainnya masih dicari hingga Jumat malam.

25 Tahun lalu, tragedi serupa menimpa murid MTs Negeri Piyungan, Bantul, yang ikut kegiatan Pramuka. Pada pertengahan 1994, 15 anggota Pramuka MTs Negeri Piyungan kehilangan nyawa karena tenggelam di sungai.

Advertisement

Laporan yang dimuat Majalah Tempo, 25 Juni 1994, menyebut 15 siswi itu tewas tenggelam karena tak bisa berenang saat ditugasi mencari ikan di Sungai Tempuran. Kecelakaan itu terjadi dalam kegiatan perkemahan yang diikuti 150 orang. Pada siang hari setelah makan siang, pembina Pramuka, Sopan Suyitno, menyuruh siswa mencari binatang di sungai yang halal dimakan.

Sekitar 25 murid perempuan kemudian menuju sungai selebar 20 meter. Namun, tak semuanya bisa berenang. 15 dari mereka tenggelam di sungai sedalam dua sampai empat meter. Sopan Suyitno, seperti dikutip Majalah Tempo, kemudian mengaku khilaf karena tidak menanyakan apakah para murid Pramuka itu bisa berenang atau tidak.

Kecelakaan anggota Pramuka di Sungai kembali terulang puluhan tahun kemudian. Kali ini korbannya adalah siswa SMPN 1 Turi, Sleman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Suplemen Diet Jepang Akibatkan 100 Orang Dirawat dan Lima Orang Meninggal

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement