Advertisement

Pemkab Gunungkidul Siap Bangun Tempat Lelang Hasil Panen Petani

David Kurniawan
Jum'at, 27 Maret 2020 - 08:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pemkab Gunungkidul Siap Bangun Tempat Lelang Hasil Panen Petani Petani memanen cabai rawit di area penanaman cabai di Pondok Wonolelo II, Widodomartani, Ngemplak, Selasa (4/9 - 2018). Beberapa tanaman terlihat mengering karena dibiarkan oleh petani. Harian Jogja/Bernadheta Dian Saraswati

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul berencana membangun bangsal pascapanen. Tempat ini berfungsi untuk lokasi pelelangan hasil panen hortikultura milik petani.

Kepala Bidang Hortikultura, Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul, Budi Sudartanto mengatakan, bangsal pascapanen masih dalam tahap perencanaan. Rencananya fasilitas ini akan dibangun di Desa Karangrejek, Wonosari. Untuk pembangunan, pemkab mendapatkan bantuan anggaran dari Pemerintah Pusat.

Advertisement

“Alokasi dana untuk membangun bangsal pascapanen sebesar Rp200 juta,” kata Budi kepada wartawan, Kamis (26/3/2020).

Menurut dia, bangsal ini dibangun sebagai upaya membantu petani menjual hasil panen. Selama ini, kata Budi, harga komoditas panen sangat bergantung dengan harga dari tengkulak sehingga banyak dirugikan, khususnya saat harga melambung naik.

Oleh karenanya, dengan bangsal ini akan ada fasilitas penjualan dengan sistem semi lelang sehingga harga berdasarkan kesepakatan bersama. “Tujuannya untuk melindungi petani karena selama ini harga hanya bergantung dari tengkulak,” tuturnya.

Untuk bangsal pascapanen nantinya tidak hanya digunakan oleh para petani di Karangrejek, melainkan bisa juga dimanfaatkan oleh para petani cabai, bawang merah, sayur dari kawasan lain.

Lokasi dipilih di Karangrejek karena letaknya strategis sehingga petani mudah mengaksesnya. “Tempat lelang difokuskan untuk tanaman hortikultura, seperti sayur-sayuran, bawang merah dan lain sebagainya,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Ajukan Praperadilan, KPK: Silahkan, Itu Hak Tersangka

News
| Rabu, 24 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement