Advertisement

Pasar sepi Pembeli, Petani Pilih Jualan melalui Online

Muhammad Nadhir Attamimi
Rabu, 15 April 2020 - 23:07 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Pasar sepi Pembeli, Petani Pilih Jualan melalui Online Ilustrasi Sayuran - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Di tengah pandemi Corona, Kelompok Tani (Poktan) Milenial Taruna Karya Dusun Pampang, Desa Pampang, Kecamatan Paliyan, memilih menjual hasil tanaman sayur-sayurannya seperti cabai, sawi, bayam, kacang panjang dan sayuran lain melalui sistem daring. Cara berjualan online merupakan jalan terbaik dan perlu dilakukan di masa pandemi.

Ketua Poktan Milenial Taruna Jaya, Budi Susilo, mengungkapkan penjualan online dilakukan guna memudahkan masyarakat agar tidak perlu datang ke pasar terlebih di tengah pandemi Corona. Warga tinggal memesan secara online dan pesanan akan diantarkan. "Kami ingin memanfaatkan media sosial dan alhamdulillah respons masyarakat sangat baik," kata Budi saat ditemui Harian Jogja, Rabu (15/4/2020).

Advertisement

Untuk memenuhi stok yang dibutuhkan, Poktan Milenial Taruna Karya jauh-jauh hari memanfaatkan lahan seluas 3.000 meter persegi untuk ditanami sayur-sayuran dan tanaman hortikultura lainnya. Selain itu, poktan juga memanfaatkan hasil panen petani lainnya yang kurang terserap di pasaran sebagai dampak penyebaran virus Corona.

"Skemanya kami membeli hasil panen milik petani dan kami membantu menjualnya karena sekarang petani kesusahan menjual hasil panennya," ujarnya.

Untuk penjualan, saat ini Budi masih sebatas memanfaatkan media sosial pribadi. Pangsa pasar penjualan online juga belum terlalu luas sehingga para petani baru sebatas memanfaatkan orang-orang terdekat dan kerabat. Inovasi terus dilakukan guna membantu para petani dalam memasarkan hasil panennya. "Petani milenial Dusun Pampang ingin membantu petani di sini untuk mengubah cara pemasaran dengan cara online," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditanya soal Kemungkinan Maju di Pilkada, Kaesang Memilih Ini

News
| Jum'at, 26 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement