Advertisement

Disperindag & Bulog DIY Gelar Operasi Pasar

Muhammad Nadhir Attamimi
Kamis, 23 April 2020 - 23:07 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Disperindag & Bulog DIY Gelar Operasi Pasar Ilustrasi pasar murah/Harian Jogja - Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Gunungkidul bersama Bulog Divre DIY menggelar operasi pasar di komplek perkantoran Pemkab Gunungkidul, Rabu (22/4/2020). Kegiatan tersebut sebagai upaya untuk menekan harga bahan pokok di pasaran, terutama harga gula pasir yang masih cukup tinggi.

Kabid Perdagangan Disperindag Gunungkidul, Yuniarti Ekoningsih, menuturkan kegiatan tersebut merupakan inisiatif Disperindag dan Bulog Divre DIY setelah melihat perkembangan harga gula pasir di pasar saat ini mencapai Rp18.000 per kilogram. "Tujuan operasi pasar ini untuk menekan harga-harga bahan pokok terutama gula pasir yang saat ini cukup tinggi," kata Yuni, Rabu.

Advertisement

Dalam operasi pasar, Disperindag menjual gula pasir dengan harga eceran tertinggi (HET) yakni Rp12.500 per kilogram dengan maksimal pembelian sebanyak dua kilogram. Selain menjual gula pasir sebanyak 1,5 ton, dalam operasi pasar Bulog juga menyiapkan dua kuintal beras, satu kuintal tepung terigu dan minyak goreng sebanyak 100 liter yang kesemuanya dijual di bawah harga pasar saat ini.

Yuni menuturkan kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian masyarakat di tengah pandemi Corona dan menjelang Ramadan. Dalam kondisi pandemi, Disperindag memastikan operasi pasar digelar sesuai dengan protokol kesehatan dalam pencegahan Corona. "Antusiasme masyarakat ternyata tinggi, terbukti antreannya cukup panjang dan banyak warga yang enggak kebagian," katanya.

Perwakilan Bulog Divre DIY, Dani, mengungkapkan antusiasme masyarakat dalam operasi pasar sangat tinggi. Hal ini terbukti dengan ludesnya seluruh bahan kebutuhan pokok yang dibawa dalam waktu yang relatif singkat. "Kami siap menggelar operasi pasar lagi, tetapi masyarakat harus membeli dalam bentuk paket bukan per jenis seperti yang kami gelar saat ini," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement