BLT Cair, Pemkot Terus Dorong Operasi Pasar

Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi, menyerahkan beras kepada warga dalam operasi pasar di Kelurahan Suryatmajan, Senin (11/5/2020). - Harian Jogja/Lugas Subarkah\\n
11 Mei 2020 14:17 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Operasi pasar (OP) kembali digelar oleh Pemkot Jogja. Kali ini sebanyak 2,5 ton beras didistribusikan di Kelurahan Suryatmajan, Senin (11/5/2020). Beras yang digunakan yakni C4, dengan harga Rp9.000 per kilogram, lebih rendah Rp1.000 ketimbang harga pasar.

Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi, mengaku telah mendorong Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Jogja untuk lebih sering menggelar OP. "Itu karena BLT [bantuan langsung tunai] sudah cair. Biar masyarakat bisa langsung memanfaatkannya," ujar dia, Senin.

BLT dari Kementerian Sosial (Kemensos), kata dia, sudah mulai didistribusikan melalui Kantor Pos Jogja sejak Sabtu (9/5) lalu. Maka dengan OP, diharapkan masyarakat yang telah menerima BLT bisa langsung memenuhi kebutuhan pokoknya.

OP beras diakui Heroe merupakan permintaan dari kelurahan. Setidaknya ada tiga kelurahan yang telah melaksanakan OP, yakni Suryatmajan sebanyak 2,5 ton; Pandeyan sebanyak satu ton; dan Pringgokusuman sebanyak dua ton. "Jadi total 5,5 ton sudah didistribusikan," ujarnya.

Dalam OP tersebut Pemkot bekerja sama dengan Persatuan Pengusahan Penggiling Padi dan Beras yang siap menyediakan beras berapa pun jumlahnya. Itulah  sebabnya, bagi kelurahan yang lain, kata dia, jika ingin menggelar OP, diminta segera mengajukan permohonan ke Pemkot Jogja.

Setelah ini, Pemkot juga bakal kembali menggelar OP dalam bentuk paket bahan pangan pokok. "Pekan ini juga. Kami juga berpesan kepada masyarakat yang telah menerima BLT untuk memenuhi kebutuhan pangan dulu," ucapnya.

Lurah Suryatmajan, Dodo Limono, mengatakan sebelum mengajukan OP ke Pemkot, awalnya dia terlebih dahulu menawarkan ke warga. "Awalnya target kami satu ton saja. Tetapi ternyata permintaan dari masyarakat mencaoai 2,5 ton," kata dia.

Distribusi beras dalam OP, imbuh dia, langsung diserahkan ke masing-masing RT yang di Kelurahan Suryatmajan jumlahnya mencapai 43 RT. “Sebelumnya warga telah membayar, sehingga pada pendistribusian nanti warga tinggal mengambil,” ucap Dodo