Advertisement

Bersiap New Normal, 20 Hotel di DIY Mulai Buka Pada Juni

Herlambang Jati Kusumo
Senin, 18 Mei 2020 - 19:47 WIB
Bhekti Suryani
Bersiap New Normal, 20 Hotel di DIY Mulai Buka Pada Juni Ilustrasi hotel - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Pelaku pariwisata di DIY, dan moda transportasi mulai bersiap memasuki skenario penerapan new normal yang diwacanakan pemerintah.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY, Deddy Pranowo Eryono mengatakan pada awal Juni nanti setidaknya sejumlah hotel akan mulai beroperasi kembali. Ada sekitar 20 hotel yang akan buka pada Juni dari non bintang hingga bintang tiga. Ditambah hotel yang masih buka ada sekitar 25 hotel, sehingga total 45 hotel nanti.

Advertisement

Deddy mengungkapkan saat ini hotel tengah mempersiapkan sarana prasarana dan memberikan penjelasan ke SDM dalam melayani tamu sesuai protokol pencegahan Covid-19. “Mungkin tidak lazim atau asing, tetapi harus dilakukan upaya-upaya pencegahan Covid-19 ini. Mengikuti peradaban yang baru, SOP harus mengikuti,” ujar Deddy, Senin (18/5/2020).

Dia menegaskan untuk hotel yang akan beroperasi harus memastikan standar pencegahan Covid-19, seperti penyediaan tempat cuci tangan, penggunaan masker, jaga jarak, upaya menjaga kebersihan, dan lain sebagainya. Jika memang tidak bisa disarankan agar tidak membuka dahulu aktivitas hotel, karena menyangkut kesehatan dan keselamatan setiap pengunjung maupun pekerja hotel sendiri.

Sementara itu, Sekretaris Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) DIY, Bobby Ardyanto Setyo Ajie mengatakan untuk menyambut new normal, pelaku wisata pada bidang perjalanan wisata saat ini tengah menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) pelayanan operasional dalam handling tamu sesuai prosedur new normal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement