Advertisement

Sultan HB X: DIY Sudah Penuhi Syarat New Normal

Lugas Subarkah
Selasa, 02 Juni 2020 - 20:52 WIB
Budi Cahyana
Sultan HB X: DIY Sudah Penuhi Syarat New Normal Gubernur DIY Sri Sultan HB X memberikan arahan soal penyakit yang disebabkan virus corona SARS-CoV-2 beberapa waktu lalu. - Harian Jogja/Gigih M Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—DIY disebut sudah memenuhi syarat untuk new normal atau kenormalan baru di masa pandemi Covid-19.

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, mengatakan DIY saat ini sebenarnya telah memenuhi syarat new normal karena tingkat kesembuhan pasien Covid-19 yang telah mencapai 70%. “Untuk new normal kan 50 persen, kita [DIY] sudah 70 persen. R0 sudah di bawah satu,” ujar Sultan, Selasa (2/6/2020).

Advertisement

Reproduction Number (RO) Coronavirus Disease (Covid-19) adalah indeks penyebaran Covid-19. RO di bawah 1 menjadi salah satu syarat penerapan new normal.

Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji, mengatakan R0 Covid-19 di provinsi ini sudah menunjukkan di bawah 1 berdasarkan penghitungan dua pekan terakhir. Meski DIY sebenarnya sudah memenuhi syarat new normal, tetapi Pemda DIY tidak mau gegabah karena R0 bukan satu-satunya indikasi. Menurut dia, persiapan menuju new normal harus benar-benar matang.

 “Kami ingin semua bertanggung jawab terhadap kemungkinan munculnya penularan,” ujarnya.

Pada Selasa (2/6/2020), Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY mengumumkan tidak ada penambahan kasus positif baru Covid-19. Pada hari yang sama, sebanyak dua kasus dinyatakan sembuh setelah hasil laboratorium negatif dua kali berturut-turut.

Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih, mengatakan laporan ini adalah hasil dari dua laboratorium dengan pemeriksaan sebanyak 99 sampel. “Laboratorium FK UGM off,” katanya.

Dua pasien yang sembuh meliputi Kasus 93, laki-laki 47 tahun warga Sleman, dan Kasus 197, perempuan 42 tahun warga Sleman. Satu pasien dalam pengawasan (PDP) dilaporkan meninggal dunia dalam proses laboratorium, laki-laki 94 tahun warga Sleman. PDP ini memiliki riwayat sakit ginjal.

Total kasus positif Covid-19 di DIY masih tetap 237 kasus, dengan 169 pasien telah sembuh. Adapun yang masih menunggu proses laboratorium yakni sebanyak 141 orang. Kemudian, PDP  meninggal menjadi sebanyak 20 orang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Selebgram Ini Bagikan Kondisi Putrinya yang Masih Balita Dianiaya oleh Pengasuh

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement