Lanjutan Tes Seleksi CPNS Tunggu Instruksi Panselnas

Ilustrasi seleksi CPNS - Solopos/Ardiansyah Indra Kumala
05 Juni 2020 18:27 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Gunungkidul belum bisa memastikan waktu lanjutan dari rekrutmen CPNS di tahun ini. Pasalnya, hingga saat ini panitia di tingkat daerh masih menunggu informasi lebih lanjut dari Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).

Kepala Bidang Formasi Pengembangan Data Pegawai BKPP Gunungkidul, Reni Linawati, mengatakan untuk tes CPNS sudah menyelesaikan tahapan seleksi kemampuan dasar (SKD). Di dalam tes ini ada 2.622 peserta, namun setelah tes berakhir hanya 601 peserta yang dinyatakan lolos seleksi dan berhak mengikuti tahapan berikutnya. “Rencananya dilanjutkan tes seleksi kemampuan bidang [SKB],” kata Reni, Jumat (5/6/2020).

Diakuinya, hingga saat ini jajarannya belum tahu kapan pelaksanaan tes SKB. Adanya pandemi Corona membuat pelaksanaan tes terganggu sehingga kelanjutan masih menunggu instruksi dari Panselnas. “Kami masih menunggu. Yang jelas, kami siap menyelenggarakan lanjutan tes CPNS,” ungkapnya.

Reni berjanji apabila ada informasi terbaru berkaitan dengan CPNS akan segera diumumkan kepada peserta yang lolos untuk mengikuti tes SKB. “Ditunggu saja, sambil menunggu bisa menyiapkan diri untuk tahapan tes berikutnya,” katanya.

Salah satu peserta CPNS asal Kecamatan Wonosari, Yessica Novariaveni, mengatakan dirinya menjadi peserta tes CPNS. Hanya saja, dia gagal ikut tes SKB. Ia menjelaskan di dalam tes SKD ada beberapa materi, salah satunya tes wawasan kebangsaan. “Saya gagal di tes wawasan kebangsaan sehingga tidak dapat lanjut ke tahapan berikutnya,” kata Yessi.

Meski gagal, ia tidak patah semangat karena sudah berusaha semaksimal mungkin mengerjakan soal saat tes berlangsung. Dia mengaku tidak kapok dan siap mencoba lagi di kesempatan berikutnya. “Kalau ada seleksi CPNS lagi saya pasti mencoba,” katanya.