Penularan Sudah Sampai ke Generasi Ketiga, Klaster Bakul Ikan di Gunungkidul Terus Dilacak

Ilustrasi - Pixabay
22 Juni 2020 17:37 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul Dewi Irawaty mengatakan pihaknya terus melakukan penelusuran terkait dengan potensi penularan virus Corona. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi adanya penambahan jumlah pasien positif.

“Untuk saat ini penelusuran masih terus dilakukan untuk kluster pedagang ikan. Sedangkan kluster lain seperti Indogrosir dan Gadungsari sudah relative aman,” katanya, Senin (22/6/2020).

Dewi menjelaskan, kluster pedagang ikan masih ditelusuri karena relatif masih baru ketimbang kluster lainnya. Selain itu, penularan juga sudah mencapai generasi ketiga sehingga penelusuran bisa lebih luas lagi. “Masih ada yang dites, tapi tidak sebanyak saat kasus ini muncul pertama kalinya,” katanya.

Disinggung mengenai kasus positif di Kecamatan Semin, ia mengakui sudah dilakukan penelusuran. Hasil pemeriksaan petugas ada sembilan warga yang kontak dengan pasien tersebut. “Sudah kita rapid test dan hasilnya negatif,” ungkapnya.

Menurut Dewi, upaya penelusuran akan terus dilakukan. Untuk kasus, sudah hampir satu minggu di Gunungkidul tidak ada penambahan pasien positif. Meski demikian, ia tidak mau terlena karena potensi penularan masih sangat mungkin terjadi. “Tidak ada tambahan kasus, bukan berarti ancaman menghilang,” katanya.