Advertisement

KPU Temukan Ribuan Data Pendukung Ganda

David Kurniawan
Minggu, 05 Juli 2020 - 21:12 WIB
Yudhi Kusdiyanto
KPU Temukan Ribuan Data Pendukung Ganda Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Sedikitnya 9.182 warga tercatat mendukung dua bakal pasangan calon (bapaslon) yang berniat maju melalui jalur independen. Dalam verifikasi faktual, tim dari KPU bakal memastikan terkait dengan dukungan karena sesuai aturan hanya diperolehkan mendukung salah satu bapaslon.

Ketua KPU Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani, mengatakan sebelum melakukan verifikasi faktual di lapangan dengan cara sensus, KPU terlebih dahulu melakukan verifikasi administrasi terkait dengan berkas dukungan. Adapun hasilnya ditemukan 9.182 warga yang tercatat sebagai pendukung ganda, yakni ada bukti mendukung dua bapaslon independen.

Advertisement

Menurut dia, dalam verifikasi faktual yang saat ini masih berlangsung, petugas verifikator memastikan terkait dengan dukungan terhadap warga yang masuk dalam data pendukung ganda. “Masih dalam proses, jadi belum diketahui bagaimana hasilnya. Jadi, ditunggu dulu hingga proses verifikasi faktual selesai pada 12 Juli mendatang,” katanya.

Hani menuturkan di dalam verifikasi faktual ada dua kemungkinan. Pertama, warga yang tercatat memiliki dukungan ganda memilih salah satu bapaslon. Kedua, tidak mendukung kedua-duanya. “Prinsip dari verifikasi faktual untuk memastikan bahwa masyarakat benar-benar memberikan dukungan. Jadi kami datangi satu persatu, termasuk warga yang tercatat mendukung kedua bapaslon,” katanya.

Khusus untuk data dukungan ganda, kata Hani, apabila mendukung salah satu bapaslon, maka warga diharuskan mengisi surat pernyataan yang telah disediakan petugas verifikator sehingga dukungan dinyatakan memenuhi syarat. Namun apabila warga tidak mau membuat surat pernyataan, maka berkas dukungan dinyatakan tidak memenuhi syarat. “Mudah-mudahan semua berjalan lancar dan verifikasi faktual selesai tepat waktu,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement