Tangani Antrean Uji Swab, Gugus Tugas Covid-19 DIY Tempuh Cara Ini..

Sejumlah petugas saat melakukan pemeriksaan sampel di Laboratorium Virologi, BBTKLPP Yogyakarta, Rabu (18/3/2020). - Harian Jogja/Sunartono.
28 Juli 2020 09:27 WIB Lugas Subarkah Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY akan mengupayakan merekrut tenaga analis untuk membantu operasional laboratorium uji swab corona.

Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan Covid-19 DIY Berty Murtiningsih menuturkan solusi yang direncanakan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY adalah bekerja sama dengan organisasi profesi merekrut tenaga analis untuk membantu operasional laboratorium. "Juga evaluasi kembali jadwal pengambilan swab massal yang dilakukan oleh masing-masing kabupaten dan kota," ujarnya, Senin (27/7/20200.

Terkait penambahan laboratorium dari FKIK UMY, saat ini masih dalam proses kajian untuk diusulkan ke Kementerian Kesehatan sebagai jejaring laboratorium covid-19.

BACA JUGA : Ini Penyebab Antrean di Laboratorium Uji Swab Covid-19 

Kepala BBTKL PP DIY Irene, mengakui memang ada antrean pemeriksaan swab di laboratorium tersebut.  "Saat ini kami sudah hampir berhasil mengurai antrian sample karena setiap harinya kami bisa memeriksa 1000-an sample," katanya.

Di BBTKL PP sampel yang telah diproses tapi belum keluar hasilnya masih sebanyak 1.000-an sampel, sementara sampel yangvbelum diproses tinggal sampel yang masuk pada Senin (27/7) siang.

BACA JUGA : Laboratorium Uji Swab Covid-19 Kelebihan Beban, Sampel 

Selain BBTKL PP, laboratorium covid-19 DIY yakni RSUP Sardjito dengan kapasitas 240 sampel, FK UGM 400 sampel, BB Vetereiner 48 sampel, RS Harjolukito 56 sampel.