Advertisement

Tambal Ban Unik, Semua Peralatan Serba Pink

Hery Setiawan
Jum'at, 07 Agustus 2020 - 15:17 WIB
Sunartono
Tambal Ban Unik, Semua Peralatan Serba Pink Yunanto saat ditemui di lokasi tambal ban miliknya. - Harian Jogja/Hery Setiawan.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Jika melintasi Jalan Kaliurang, tepatnya di depan Gardu Induk Kentungan, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman cobalah menengok sisi timur jalan. Ada sebuah bangunan kecil yang disulap menjadi tempat tambal ban. Uniknya, tambal ban tersebut hampir seluruhnya berwarna pink. Termasuk, Yunanto, sang pemilik yang mengenakan pakaian serta aksesoris serba pink.

“Dari kecil sukanya warna pink karena cerah dan enak dilihat,” kata Yunanto saat ditanya Harianjogja.com mengapa ia begitu menyukai warna pink, Kamis, (6/8/2020).

Advertisement

Seorang laki-laki membuka usaha tambal ban tentu sudah biasa. Namun Yunanto nyatanya ingin tampil beda dari tambal ban pada umumnya.

BACA JUGA : Viral Tambal Ban Bocor Bertarif Rp600.000, Pihak Bengkel 

Ia menggeluti pekerjaan sebagai tukang tambal ban sejak usianya sekitar delapan tahun hingga kini usianya menginjak 23 tahun. Terpaksa Yunanto melakukan pekerjaan itu lantaran tak ada hal lain yang bisa lakukan. “Bisanya cuma itu. SD gak sampai lulus,” katanya.

Kala memulai pekerjaan itu, Yunanto masih ikut tambal ban milik orang lain di dekat Jembatan Dayu, Kelurahan Sinduharjo, Kecamatan Ngaglik, Sleman. Sayangnya, ia mengalami insiden kebakaran saat bekerja. Kejadian itu meninggalkan luka bakar permanen di kedua tangannya.

Sejak saat itu, Yunanto memutuskan untuk membuka usaha tambal bannya sendiri. Kesukaannya terhadap warna pink juga tak hilang. Hampir semua barang miliknya, mulai dari kompresor, sepeda, sepeda motor, dan yang lainnya berwarna pink. Termasuk baju, celana, tas, sandal dan topi pun juga berwarna pink. Ia menamai usahanya dengan “Tambal Ban Mister Pinkki”.

Yunanto mengatakan tak pernah mendapat komentar miring terhadap kesukannya terhadap warna pink. Hal tersebut terdengar menyenangkan sebab warna pink jamak dikenal sebagai warna favorit perempuan.

BACA JUGA : Viral Dokter Telanjang di Surabaya: Tukang Tambal Ban

Di dalam ruangan kecil milik PT. PLN (Persero) itu isinya juga tak kalah “pink”. Sejumlah aksesoris pribadi milik Yunanto seperti charger, telepon genggam, kipas angin, boneka dan bantal juga berwarna pink. “Orang lain mungkin sebatas baju tok. Nah kalau saya komplit pink,” katanya.

Seperti para pengusaha lain, Yunanto sebagai tukang tambal ban juga turut merasakan dampak pandemi Covid - 19. Usaha tambal bannya jadi kurang ramai. Dalam sehari, ia hanya memperoleh uang sekitar Rp30.000 saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement