KKN PPM UII Angkatan 61 Realisasikan Bank Sampah Berbasis Maslahah di Ringinputih Klaten

Peresemian Bank Sampah dihadiri kades, DPL, dan perwakilan mahasiswa. - Ist
31 Agustus 2020 19:37 WIB Media Digital Jogja Share :

Harianjogja.com, KLATEN - Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) UII Angkatan 61 Unit 307, 308, dan 309 telah dilaksanakan dari tanggal 28 Juli 2020 hingga 28 Agustus 2020 di Desa Ringinputih, Kecamatan Karangdowo, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah.

Kegiatan KKN-PPM ini dilikuti oleh 28 mahasiswa yang terbagi dalam tiga unit serta didampingi oleh Shubhi Mahmashony Harimurti S.S., M.A. selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) 1 dan Eka Dewi Rahayu, S.PdI., M.PdI selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) 2. Adapun tema KKN-PPM adalah “Pengelolaan Sampah dengan Model Bank Sampah Berbasis Maslahah”.

Pelaksanaan KKN-PPM UII dilakukan menggunakan metode blanded yaitu melalui via online maupun secara offline turun ke lapangan dengan mempertimbangkan protokol kesehatan. Seluruh kegiatan KKN-PPM dibiayai oleh Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek)/Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Republik Indonesia (RI).

Berdasarkan rilis yang diterima Harianjogja.com, Senin (31/8/2020), pembukaan KKN-PPM UII telah dilaksanakan pada tanggal 28 Juli 2020 secara online menggunakan media Zoom. Sambutan diberikan oleh Muhammad Rizaldi Ilham selaku koordinator desa. Hadir pula DPL 1, yaitu Shubhi Mahmashony Harimurti S.S., M.A. serta Kepala Desa Ringinputih, Muhammad Ridwan.

Pada tanggal 3 Agustus 2020 dilaksanakan diskusi, koordinasi, dan perencanaan konsep utama bank sampah Desa Ringinputih yang diisi dengan pemaparan materi mengenai konsep utama bank sampah oleh mahasiswa dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Kegiatan ini diikuti dengan finalisasi konsep bank sampah Desa Ringinputih pada tanggal 5 Agustus 2020.

Program selanjutnya yaitu diskusi dan koordinasi dengan pengelola bank sampah yang sudah terbentuk di desa lain. Diskusi ini dilaksanakan pada tanggal 7 Agustus 2020 secara online dan diisi oleh Fransisca Hartini selaku ketua bank sampah RT 49 Kalangan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta.

Selanjutnya dibentuk pengelola bank sampah Desa Ringinputih pada tanggal 10 Agustus 2020 yang diketuai oleh Fathoni. Dari bank sampah ini diharapkan dapat menjadi solusi ekonomi untuk menambah perekonomian warga Desa Ringinputih terutama di masa pandemi ini. Kegiatan ini diikuti dengan sosialisasi konsep bank sampah yang hendak dicanangkan di Desa Ringinputih pada tanggal 12 Agustus 2020. Sosialisasi ini diisi oleh Yebi Yuriandala, S.T., M.Eng. yang juga tim KKN-PPM dan dihadiri oleh pengelola bank sampah Desa Ringinputih.

Pada tanggal 18 Agustus 2020 dilaksanakan penyuluhan lanjutan dan pelatihan dasar kepada pelaku usaha per basis. Kegiatan ini dilaksanakan oleh masing-masing unit sesuai dengan program yang telah dipilih. Sosialisasi bank sampah RW 5 Desa Ringinputih berlangsung pada tanggal 23 Agustus 2020. Sosialisasi ini dihadiri oleh ketua bank sampah RW 5 serta pengurus bank sampah lainnya yang berasal dari Karang Taruna. Dalam kegiatan ini disepakati mekanisme atau alur bank sampah RW 5 Desa Ringinputih.

Selanjutnya pada tanggal 27 Agustus 2020, dilaksanakan pelatihan pengelolaan sampah dan praktik penimbangan dan pengisian buku tabungan, serta penyerahan timbangan dan pencatatan adminitrasi kepada pengelola bank sampah. Dalam kegiatan ini, terdapat empat warga desa yang menabung di bank sampah RW 5 Desa Ringinputih.

Kegiatan KKN-PPM UII diakhiri dengan pelatihan pembuatan komposter cair oleh mahasiswa pada tanggal 28 Agustus 2020. Kegiatan ini diikuti dengan peresmian bank sampah RW 05 Desa Ringinputih serta serah terima barang secara simbolik berupa timbangan, buku tabungan, komposter, dan kabel connector untuk mendukung kegiatan pemberdayaan masyarakat tersebut. Peresmian bank sampah RW 5 Desa Ringinputih dihadiri langsung oleh ketua bank sampah dan Kepala Desa Ringinputih.

Dengan demikian, bank sampah berbasis maslahah berhasil terealisasi dengan indikator sudah adanya nasabah yang menabung di bank sampah RW 5 Desa Ringinputih yaitu  Sumarsono dengan nominal sebesar Rp68.000,  Mursilah dengan nominal sebesar Rp12.000, Hardani dengan nominal Rp20.000, dan Agustinah dengan nominal senilai Rp3.000.

Penutupan KKN-PPM UII juga dilaksanakan pada hari yang sama. Sambutan diberikan oleh koordinator desa. Hadir pula DPL 1 Shubhi Mahmashony Harimurti S.S., M.A. serta Kepala Desa Ringinputih, yaitu Muhammad Ridwan.*