Pasien Corona Gunungkidul Tembus 200 Kasus

Ilustrasi. - Freepik
08 September 2020 17:57 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL--Jumlah pasien corona di Gunungkidul masih terus bertambah. Total hingga Selasa (8/9/2020), pasien positif berjumlah 202 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan, ada tambahan enam kasus sehingga total ada 202 orang yang dinyatakan positif corona. Adapun tambahan, empat pasien berasal dari Kapanewon Ngawen. Sedangkan dua lainnya berasal dari Kapanewon Paliyan dan Semanu.

Menurut dia, tambahan ini erat kaitannya dengan kontak pasien positif corona yang terpapar lebih dahulu. Selain itu, ada juga pasien yang positif corona karena melakukan perjalanan ke luar daerah.

Untuk itu, sambung Dewi, masyarakat diminta terus menaati protokol kesehatan mencegah penyebaran virus corona. Ia menyarankan, apabila tidak ada keperluan mendesak untuk tetap berada di rumah. Namun, jika terpaksa keluar rumah diharapkan terus memakai masker, sering-sering cuci tangan menggungakan sabun serta tetap menjaga jarak. “Disiplin dalam menaati protokol kesehatan sangat penting karena menjadi salah satu upaya mencegah penyebaran corona,” katanya.

Selain adanya tambahan enam kasus positif corona, dinas kesehatan juga melaporkan adanya satu pasien sembuh. Total pasien yang dinyantakan sembuh ada 180 kasus. Adapun pasien yang masih menjalani perawatan ada 16 orang. “Untuk pasien yang meninggal dunia ada enam orang,” kata mantan Sekretaris Dinas Kesehatan ini.

Ditambahkan dia, untuk pengambilan uji specimen hingga sekarang ada 4.428 orang. Adapun hasilnya, 4.009 tes dinyatakan negatif. Sedang 202 spesimen dinyatakan positif corona. “Yang masih dalam proses uji laboratorium ada 217 spesimen,” ungkapnya.