Advertisement

Lewati Sejumlah Kampung, Ini Rute Wisata Sepeda di Jogja

Hafit Yudi Suprobo
Senin, 05 Oktober 2020 - 03:17 WIB
Bhekti Suryani
Lewati Sejumlah Kampung, Ini Rute Wisata Sepeda di Jogja Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Rute jajah kampung susur sungai sepanjang 6,55 KM dipilih oleh Wali Kota Jogja, Haryadi Suyuti didampingi Wakil Wali Kota Jogja, Heroe Poerwadi serta instansi terkait saat menjajal rute wisata sepeda Jogja Jumat (2/10/2020).

Rute wisata sepeda Jogja ini sudah diresmikan beberapa waktu lalu.

Advertisement

Seperti namanya, rute ini melewati kampung-kampung di tepi sungai di Kota Jogja. Rute ini diawali dari Jalan Jenderal Sudirman hingga menuju Museum Monumen Diponegoro.

"Jadi dari McDonald Sudirman, menyusuri Jalan Mangkubumi, lalu ke arah poncowinatan, terus menuju Jetisharjo. Di Jetisharjo itu ada Taman Robin," ungkap Haryadi beberapa waktu lalu.

Taman Robin sendiri merupakan taman dengan konsep Internet of Things yang dikembangkan dalam sistem penyiraman tanaman otomatis. "Dikatakan Robin itu karena pakai robot jadi nyiramnya otomatis," tambahnya.

Setelah dari Taman Robin, para rombongan melewati pasar Kranggan, pada kesempatan tersebut, Ia dan rombongan juga membagikan ribuan masker kepada para pedagang dan pengunjung pasar.

Usai melewati pasar Kranggan, rombongan melanjutkan melewati tepian sungai sampai Ruang Terbuka Hijau (RTH) Karangwaru.

Setelah itu, rombongan menuju Kampung Sayur, dan RTH Becak Maju yang merupakan akronim dari Kelurahan Bener dan Kricak Maju, kemudian berakhir di Museum Diponegoro. Di rute ini rombongan di suguhkan suasana sungai di tengah kota dengan pemandangan yang menyegarkan mata.

"Intinya kita ingin menumbuhkan UMKM atau destinasi yang selama ini belum dikenal. Dengan ini bisa dikenal dengan baik dan bisa lebih maju setelah dilalui wisatawan," terangnya.

BACA JUGA: Ribuan Warga Jogja Ajukan Keringanan PBB, Tapi Masih Banyak yang Belum Bayar Pajak

Sementara itu, Wakil Wali Kota Jogja Heroe Poerwadi menambahkan untuk memudahkan wisatawan menemukan rute wisata sepeda tersebut, perlunya mengakses Jogja Smart Service (JSS).

"Supaya tidak bingung, khususnya wisatawan luar daerah bisa cari tahu seputar kota Jogja dari JSS, termasuk rute sepeda wisata ini akan muncul di aplikasi," imbuhnya.

Heroe mengingatkan dalam bersepeda masyarakat tetap harus mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Selain itu, juga harus mematuhi rambu lalu lintas.

"Mulai dari kesiapan sepeda, menggunakan helm, memakai masker, menjaga jarak, tetap rutin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau dengan hand sanitizer sampai dengan mematuhi rambu lalu lintas, dan yang terpenting adalah terus memperbarui lokasi tujuan bersepeda," kata Heroe.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement