Advertisement

MERAPI SIAGA: Sultan HB X Sebut Tenggara & Barat Perlu Diantisipasi

Lugas Subarkah
Rabu, 11 November 2020 - 21:27 WIB
Sunartono
MERAPI SIAGA: Sultan HB X Sebut Tenggara & Barat Perlu Diantisipasi Penampakan Gunung Merapi dari Kali Gendol Argomulyo, Cangkringan, Sleman, Jumat (6/11/2020). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X mengatakan selain arah tenggara dari puncak Merapi, sisi barat juga perlu diantisipasi terkait ancaman erupsi Merapi.

Gubernur DIY Sri Sultan HB X, menuturkan saat ini masyarakat di sekitar Gunung Merapi tinggal minimal 8 km dari puncak, dengan rumah baru yang dibangun pasca erupsi 2010, sehingga lebih aman. Adapun kawasan rawan bencana (KRB) yang ditetapkan yakni 5 Km dari puncak.

Advertisement

BACA JUGA : BPPTKG Pastikan Belum Ada Muntahan Lava di Merapi 

“Kami bangunkan rumah yang hancur dulu [akibat erupsi 2010] 8 km, tidak mengungsi juga enggak papa, tapi kan belum tahu, apa meletus lavanya hanya 5 km, tergantung perkembangan setiap harinya. Kalau sudah siaga begini kan biasannya terus cepat [erupsi],” ungkapnya Rabu (11/11/2020).

Ia juga berpesan agar antisipasi tidak hanya dilakukan di arah tenggara seperti perkiraan, sebab jika ternyata meletusnya Merapi ke atas, arah barat pun bisa terkena.

BACA JUGA : Merapi Siaga, Polisi Kerahkan 3.500 Personel untuk Evakuasi

“Tidak hanya ke tenggara karena meletusnya ke atas, berarti ke barat pun harus disiapkan. Kalau kejatuhan bahayanya, tenda-tenda tukang masak berlubang semua,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Barbados Mengumumkan Mengakui Palestina Sebagai Sebuah Negara

News
| Sabtu, 20 April 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement