Advertisement

Dosen Teknik Elektro UMY Bantu Industri Batik Kayu Krebet

Yudhi Kusdiyanto
Rabu, 25 November 2020 - 21:12 WIB
Yudhi Kusdiyanto
Dosen Teknik Elektro UMY Bantu Industri Batik Kayu Krebet Tim dosen Program Studi Teknik Elektro UMY menyerahkan bantuan kompor batik listrik untuk UKM Batik Kayu Sanggar Punokawan, Desa Krebet, Kecamatan Pajangan, Bantul. - Istimewa/Dokumen Tim Pengabdian Masyarakat UMY

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Sebagai provinsi yang dikaruniai keindahan alam, keragaman budaya serta seni dan sejarah, DIY memiliki banyak destinasi wisata dengan berbagai ciri khasnya. Salah satu destinasi yang banyak menarik perhatian yakni desa wisata, salah satunya Desa Wisata Krebet, di Dusun Krebet, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, yang terkenal dengan kerajinan batik kayu.

Dengan predikat sebagai sentra kerajinan batik kayu, Desa Wisata Krebet memberikan lapangan pekerjaan bagi warga sekitar dan lambat laun mampu mengubah ekonomi masyarakat. Jika dibandingkan dengan desa lain, Dusun Krebet memiliki perubahan yang cukup cepat.

Advertisement

Kondisi ini menginspirasi tim dosen Program Studi Teknik Elektro Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, masing-masing Ramadoni Syahputra, Kunnu Purwanto, dan Ahdi Kurniawan, untuk melaksanakan program pengabdian masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan ditujukan kepada UKM Batik Kayu Sanggar Punokawan berupa pemberian kompor batik listrik.

"Dengan menggunakan kompor batik listrik, produksi batik secara signifikan meningkat dengan biaya yang dapat ditekan. Keuntungan lainnya, lingkungan tempat produksi batik menjadi relatif lebih bersih," ujar Ketua Tim Dosen, Ramadoni, seperti dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Rabu (25/11/2020).

Kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat berkontribusi secara konsisten untuk memperkuat industri lokal berbasis warisan budaya untuk dapat bersaing dalam pasar nasional bahkan internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkes Buka Pendaftaran Lowongan Nakes untuk 4 Rumah Sakit

News
| Kamis, 25 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement