Hasil Pilkada Gunungkidul, Sunaryanta-Heri Menang di Sepuluh Kecamatan

Calon Bupati Gunungkidul, Sunaryanta saat mencoblos bersama istri di TPS 8 Dusun Kwarasan Wetan, Rabu (9/12/2020). - Istimewa/dok
13 Desember 2020 11:57 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.co, GUNUNGKIDUL – Rekapitulasi suara hasil pilkada di tingkat kapanewon di Gunungkidul telah selesai dilaksanakan pada Sabtu (12/12/2020). Berdasarkan perhitungan ini, pasangan Sunaryanta-Heri Susanto berhasil mengungguli tiga pasangan calon lainnya dengan torehan sebanyak 155.869 suara.

Adapun hasil perhitungan di 18 kapanewon, pasangan nomor empat ini berhasil unggul di sepuluh kapanewon yang meliputi Wonosari, Playen, Nglipar, Gedangsari, Patuk, Girisubo, Rongkop, Paliyan, Saptosari, Panggang. Sedangkan enam kapanewon yang meliputi Semin, Ngawen, Tepus, Tanjungsari, Purwosari dan Karangmojo dimenangkan pasangan Sutrisna Wibawa-Mahmud Ardi Widanto.

Di tengah persaingan sengit dua pasangan ini, duet Bambang Wisnu Handoyo-Benyamin Sudarmadi berhasil mencuri kemenangan dengan menjadi peraih suara terbanyak di Kapanewon Semanu dan Ponjong. Proses rekapitulasi di tingkat kapanewon ini masih akan dilanjutkan di tingkat kabupaten. Rencananya KPU Gunungkidul akan melakukan perhitungan secara resmi pada Selasa (15/12/2020).

Baca juga: Tekan Penularan, Sleman Wacanakan Minggu Tenang Covid-19

Anggota tim sukses, pasangan Sunaryanta-Heri Susanto, Ery Agustin S mengatakan, berdasarkan rekapitulasi di tingkat kapanewon, sudah bisa dilihat pasangan yang memenangkan pilkada. Pasalnya, pasangan Sunaryanta-Heri berhasil memperoleh dukungan suara terbanyak dari masyarakat.

“Selesai dan Alhamdulillah. Semoga lancar, aman dan amanah. Sunaryanta Bupatiku Bupatimu dan Bupati kita,” kata Ery, Minggu (13/12/2020).

Menurut dia, hasil rekapitulasi sudah memperlihatkan angka dan hasil yang sangat jelas. “Biarkan saja, toh hasilnya sudah jelas,” kata Ery saat disinggung terkait dengan pihak-pihak yang dirasa tidak bisa menerima hasil dari rekapitulasi.

Baca juga: Pilkada Usai, Semua Pihak Diminta Tahan Diri

Calon Bupati Sutrisna Wibawa tidak berbicara banyak terkait dengan hasil rekapitulasi di tingkat kapanewon. “Maaf no comment mas. Saya ikuti KPU,” tulisnya melalui pesan WA.

Ketua KPU Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani mengatakan, proses perhitungan di tingkat kecamatan telah selesai dilaksanakan. Meski dari hasil tersebut sudah bisa diketahui siap yang memperoleh dukungan terbanyak, ia berharap kepada masyarakat dan semuak pihak pemangku kepentingan untuk bersabar dan menunggu hasil perhitungan resmi dari KPU. “Kami baru akan melaksnaakan rekapitupasi di 15 Desember [Selasa besok],” katanya.

Menurut dia, rekapitulasi di tingkat kabupaten akan selesai dalam waktu satu hari. Oleh karenanya, Hani meminta pasangan calon segera mengirimkan mandat saksi ke KPU untuk mengikuti pleno terbuka rekapitulasi. “Kami berharap semua bisa tertib. Untuk pelaksanaan, kami juga meminta saksi membawa salinan formulir hasil rekapitulasi dari tingkat kapanewon,” katanya.