Dewan Desak Pemerintah Bantu Kesulitan yang Dialami RS di Jogja Menolong Pasien Covid-19

Ilustrasi. - Reuters
17 Januari 2021 20:17 WIB Catur Dwi Janati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--DPRD DIY meminta pemerintah membantu rumah sakit (RS) yang kini kesulitan dalam menangani membeludaknya pasien Covid-19 yang datang ke RS.

Sebelumnya diberitakan gelombang pasien Covid-19 terus berdatangan ke RS menyebabkan antrean pasien di IGD karena tak tertampung di bangsal perawatan. Sejumlah RS mengakui sejumlah pasien meninggal dunia karena tak sempat mendapat perawatan memadai lantaran terbatasnya peralatan dan ruang ICU hingga ruang perawatan.

Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana meminta rumah sakit negeri maupun swasta yang ambil bagian dalam perawatan Covid-19 diberikan perhatian ekstra oleh pemerintah.

BACA JUGA: Dinkes Kota Jogja Membantah RS Rujukan Covid-19 Penuh

Seperti dicukupi keperluan dan dibantu kesulitan yang mereka hadapi saat ini. Keperluan tersebut antara lain peralatan ICU seperti ventilator dan sarana prasana medis lainnya.

"Kita harus mengakui ini kondisi darurat di rumah sakit dan layanan kesehatan," kata Huda, Minggu (17/1/2021).

Ia menduga lonjakan pasien Covid-19 terjadi karena buah dari keramaian pada libur akhir tahun dan awal Janauri tahun ini. Ia berharap kebijakan Pengetatan secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM) bisa menekan angka kasus positif Covid-19 di DIY.

Selain itu dirinya juga mengingatkan pemerintah untuk memprioritaskan pembayaran insentif untuk tenaga kesehatan yang saat ini berjibaku menghadapi lonjakan pasien Covid-19 di wilayah ini.