Advertisement

Lansia Pengungsi Merapi Memilih bertahan di Pengungsian

Hafit Yudi Suprobo
Senin, 18 Januari 2021 - 17:17 WIB
Bhekti Suryani
Lansia Pengungsi Merapi Memilih bertahan di Pengungsian rnPemeriksaan kesehatan para pengungsi Merapi di barak pengungsian Glagaharjo, Jumat (18/12 - 2020)/Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Pengungsi yang berada di barak pengungsian Balai Desa Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, masih bertahan di barak. Keputusan itu dipilih demi menaati aturan pemerintah Kabupaten Sleman agar pengungsi tetap bertahan di barak pengungsian.

Salah satu pengungsi yang ditemui Harianjogja.com pada Senin (18/1/2021), Sayem, 65, warga Dusun Kalitengah Lor, Desa Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, mengatakan ia sudah bertahan di barak pengungsian selama sekitar 2,5 bulan.

Advertisement

"Saya ngikut pemerintah. Sebenarnya kadang-kadang ingin pulang. Kalau mau pulang kan pemerintah belum mengizinkan pengungsi untuk pulang," ujar Sayem saat dikonfirmasi di barak pengungsian pada Senin (18/1/2021).

BACA JUGA: Masih Tinggi, Segini Harga Macam-Macam Cabai di Pasar Beringharjo

Sayem memang menyempatkanpulang ke rumahnya untuk mencari rumput. Namun, saat malam hari ia tetap berada di barak pengungsian mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Sementara itu, Ketua Komunitas Siaga Merapi KSM Glagaharjo Rambat Wahyudi mengatakan pengungsi, khususnya kelompok rentan tidak akan kembali ke rumahnya masing-masing sebelum ada instruksi dari pemerintah Kabupaten Sleman yang memang memperbolehkan pengungsi untuk kembali.

"Belum masih stay. Ikut anjuran Pemkab Sleman saja yang jelas kami tidak ingin kecolongan seperti erupsi 2006 di mana pengungsi pulang sehari kemudian erupsi," kata Rambat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement