Advertisement

Ini Strategi Pemkab Sleman Tangani Kenaikan Angka Kemiskinan

Lugas Subarkah
Rabu, 17 Februari 2021 - 12:27 WIB
Sunartono
Ini Strategi Pemkab Sleman Tangani Kenaikan Angka Kemiskinan Ilustrasi kemiskinan. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Sleman, Kunto Riyadi, menjelaskan meningkatnya kemiskinan jelas dipengaruhi oleh kondisi pandemi covid-19, di mana sektor utama masyarakat Sleman berada pada perdagangan dan jasa.

“Anak kuliah tidak segera masuk bikin masyarakat kecil peluang ekonominya ga ada, kos-kosan dan lainnya,” katanya, Selasa (16/2/2021).

Advertisement

Untuk itu Pemkab Sleman mencoba ke depan meningkatkan pendapatan masyarakat dengan stimulan dan berbagai pelatihan. “Kembangkan batik, meski tergantung oerang datang [wisatawan], tahun ini kami terapkan seragam tiga bulan, batik sebulan. Kami harapkan upaya-upaya itu bisa meningkatkan pendapatan masayarakat,” ujarnya.

BACA JUGA : Angka Kemiskinan di Jogja Melonjak Melebihi

Di samping itu pengentasan kemiskinan juga diarahkan pada kegiatan pemerintah baik nasional maupun daerah dengan model padat karya sehingga diharapkan mampu menyerap tenaga kerja dan memberi pemasukan pada masyarakat.

Terkait penggunaan Dana Keistimewaan (Danais), ia mengatakan kebijakannya ada di Pemda DIY karena sudah pasti plotnya untuk apa saja. “Di Sleman Danais untuk 2021 digunakan untuk pembebasan tanah, atraksi budaya seperti biasanya, kelembagaan,” ungkapnya.

Danais kata dia, sejauh ini belum digunakan untuk pemberdayaan masyarakat. Meski demikian, saat ini sedang dilakukan uji coba di sejumlah desa dengan program Desa Mandiri Budaya. “Jadi di Desa annti bisa langsung untuk pemberdayaan. Uji cobanya sudah di beberapa desa,” katanya.

BACA JUGA : Begini Strategi Pemkot Jogja Kurangi Kemiskinan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Lowongan Kerja: Kemensos Buka 40.800 Formasi ASN 2024, Cek di Sini!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement