Advertisement

Antisipasi Bencana Hidrometeorologi, BPBD Kulonprogo Siapkan Personil dan Logistik

Hafit Yudi Suprobo
Kamis, 25 Februari 2021 - 12:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Antisipasi Bencana Hidrometeorologi, BPBD Kulonprogo Siapkan Personil dan Logistik Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO - BPBD Kabupaten Kulonprogo melakukan antisipasi terhada potensi cuaca ekstrem yang berdampak kepada terjadinya bencana hidrometeorologi di sejumlah wilayah Kulonprogo. Baik logistik, personil, dan kesiapan Early Warning System (EWS) telah disiapkan.

Kepala Pelaksana BPBD Kulonprogo, Ariadi mengatakan peringatan dini yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi DIY coba untuk direspons secara cepat oleh jajarannya.

Advertisement

"Peringatan tersebut sudah diinformasikan kepada seluruh Kalurahan dan Kapanewon serta komunitas relawan kebencanaan di Kulonprogo," ujar Ariadi saat dikonfirmasi pada Kamis (25/2/2021).

Lebih lanjut, baik personil, logistik, maupun peralatan juga telah dipersiapkan oleh jajarannya untuk mengantisipasi ancaman bencana hidrometeorologi yang berpotensi terjadi di sejumlah wilayah di Kulonprogo dikarenakan cuaca ekstrem seperti hujan lebat disertai angin kencang.

Baca juga: Miliarder Purwomartani Diimbau Gunakan Uang Ganti Rugi Tol Sewajarnya

"Seluruhnya sudah kami persiapkan apabila terjadi kebencanaan hidrometeorologi. Terkait dengan personil, kami melibatkan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) meliputi Balai Besar Wilayah Serayu Opak (BBWSO), TNI, Polri, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), (Palang Merah Indonesia) PMI dan beberapa relawan," jelas Ariadi.

Kesiapan EWS juga menjadi perhatian BPBD Kabupaten Kulonprogo. EWS tersebut telah terpasang di sejumlah wilayah di Kulonprogo yang berpotensi terjadi tanah longsor. Selain angin kencang, banjir, ombak tinggi di pantai selatan, wilayah Kulonprogo juga rawan terjadi tanah longsor.

17 EWS tersebut tersebar di sejumlah wilayah di Kulonprogo. Di antaranya, enam EWS dipasang di Kapanewon Samigaluh meliputi Desa Ngargosari, Banjarsari, Kebonharjo, Purwoharjo, Pagerharjo dan Sidoharjo. 

Empat EWS di Kapanewon Kokap meliputi Desa Hargotirto, Hargowilis, Kalirejo dan Hargomulyo. Kemudian, tiga EWS di Kapanewon Girimulyo meliputi Desa Giripurwo, Jatimulyo dan Purwosari. 

Selanjutnya, tiga EWS di Kapanewon Kalibawang meliputi Desa Banjarsari dua EWS dan 1 EWS di Banjaroya. Serta satu EWS di Desa Sidomulyo, Kapanewon Pengasih. 

Baca juga: Pemkab Kulonprogo Dorong Budidaya Perikanan

"Tiga EWS sisanya masih kami simpan sebagai cadangan di kantor BPBD Kabupaten Kulonprogo. Nanti akan dipasang apabila ada desa yang memerlukan. Seluruh EWS yang telah terpasang tersebut masih aktif," ungkap Ariadi.

Gelombang Tinggi

Adapun, bagi nelayan maupun wisatawan yang berencana akan mengunjungi perairan selatan Kulonprogo diimbau untuk mengantisipasi gelombang tinggi. Diharapkan, wisatawan mematuhi imbauan yang dikeluarkan oleh tim SAR yang bertugas di perairan selatan Kulonprogo.

"Sementara, terhadap gelombang tinggi di perairan selatan Kabupaten Kulonprogo, kami mengimbau kepada masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke pantai agar tetap waspada dan patuh terhadap petugas yang berjaga di kawasan tersebut," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gugatan Kubu Pontjo Sutowo Ditolak PTUN, Penyegelan Hotel Sultan Sah

News
| Selasa, 07 Mei 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement