Advertisement

Umbulharjo Sementara Bebas Zona Merah, PPKM Mikro Dinilai Efektif

Yosef Leon Pinsker
Selasa, 20 April 2021 - 17:17 WIB
Bhekti Suryani
Umbulharjo Sementara Bebas Zona Merah, PPKM Mikro Dinilai Efektif Tangkapan layar sebaran positif Covid/19 di Kota Yogyakarta pada website corona.jogjaprov.go.id.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro diklaim cukup efektif dalam menekan laju penularan Covid-19 di wilayah Umbulharjo. Meski belum semua Satgas di tingkat RW terbentuk, namun lewat PPKM skala mikro yang telah dijalankan beberapa bulan terakhir wilayah tersebut bebas dari zona merah.

Mantri Pamong Praja Kemantren Umbulharjo, Rumpis menyatakan, penerapan PPKM skala mikro terbukti cukup efektif dalam menekan penyebaran Covid-19 di wilayahnya. Sebab, dalam kebijakan itu semua pemangku kepentingan hingga di tingkat RT dan RW dilibatkan dalam memutus mata rantai penularan virus. "Basisnya kan hingga ke tingkat yang paling rendah ya pengawasannya dan disesuaikan dengan kearifan lokal masyarakat masing-masing daerah," kata dia, Selasa (20/4/2021).

Advertisement

Rumpis menyampaikan bahwa, keefektifan itu bisa dilihat dari cara penanganan saat ditemukannya kasus konfirmasi Covid-19 di suatu RW. Penanganan akan lebih cepat dilakukan oleh Satgas di tingkat RW dengan melakukan isolasi mandiri bagi warga yang melakukan kontak erat dengan pasien terkonfirmasi atau dengan melakukan penutupan pada wilayah yang rentan terhadap penularan Covid-19.

"Dengan PPKM mikro kerja sama dan kekompakan dalam penanganan dan pencegahan bisa lebih optimal. Mereka juga lebih peka dengan keadaan tetangga masing-masing," ujarnya.

BACA JUGA: Harga Makanannya Viral, Pemerintah Sebut Kuliner di Bukit Bintang Tak Berizin

Saat ini jika pihak RW menemukan kasus konfirmasi baru, pasien terkonfirmasi akan diminta untuk isolasi mandiri secara swadaya. Jika tidak memungkinkan, pasien akan dirujuk ke tempat isolasi mandiri yang telah disediakan oleh Pemkot Jogja. Sebab, di wilayah Umbulharjo belum setiap kampung yang mempunyai fasilitas isolasi mandiri. "Tapi kalau tempat isolasi mandiri alternatif ada, shelter sementara," imbuhnya.

Berdasarkan peta zonasi penularan Covid-19 April ini, wilayah Umbulharjo bebas dari zona merah. Dari tujuh kalurahan, 87 RW, dan 343 RT yang ada di wilayah setempat zona kuning hanya berada di 25 RT dan sisinya masuk ke dalam zona hijau. Peta zonasi itu diharapkan mampu berubah menjadi hijau berkat dukungan 71 Satgas tingkat RT yang telah terbentuk di wilayah setempat.

Rumpis menyampaikan, pihaknya juga mengantisipasi penularan virus lewat mobilitas mahasiswa luar daerah yang biasanya indekos di wilayah setempat. Baru-baru ini, segenap instansi mulai dari Polsek, Koramil, Puskesmas dan Kemantren juga membahas soal program pencegahan Covid-19 di tingkat indekos.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

9 Daerah di Jateng Berstatus Tanggap Darurat Bencana, Pj Gubernur: Tingkatkan Kesiapsiagaan

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 13:27 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement