Advertisement

Larangan Mudik Diperkirakan Mendongkrak Pengguna Jasa Internet

Herlambang Jati Kusumo
Senin, 10 Mei 2021 - 09:47 WIB
Sunartono
Larangan Mudik Diperkirakan Mendongkrak Pengguna Jasa Internet Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pelarangan mudik saat lebaran tahun ini dinilai akan membuat traffic pengguna internet untuk berkomunikasi secara daring akan mengalami peningkatan.

Ketua Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) DIY, Tigor Johnson mengatakan sebenarnya menjelang lebaran biasanya setiap tahun juga sudah rutin terjadi peningkatan traffic pengguna internet hingga sebesar 10%, tetapi saat ini peningkatan traffic sudah tidak menjadi kendala karena sudah diantisipasi penyelenggara jasa internet dengan peningkatan kapasitas jaringan.

Advertisement

BACA JUGA : Pengguna Data Internet Butuh Transparansi

“Akibat dari kebutuhan koneksi internet yang memang tinggi di berbagai sektor perekonomian selama masa pandemi,” ucap Tigor, Minggu (9/5/2021).

Tigor mengatakan sebagai salah satu daerah tujuan mudik dengan jumlah kedatangan pemudik yang sangat tinggi ke DIY, ketatnya larangan mudik bisa saja membuat perpindahan perangkat akses internet terutama telepon seluler yang masuk ke DIY akan berkurang. Akan tetapi hal tersebut kemungkinan besar tidak membuat traffic internet di hari H lebaran menjadi turun.

Dia mengatakan trend media sosial dan semakin terbiasanya masyarakat menggunakan video call selama masa pandemi akan membuat silaturahmi yang biasanya dilakukan dengan bertemu langsung dengan sanak famili akan berganti dengan layanan-layanan instant message termasuk video call yang membutuhkan koneksi internet cukup besar.

BACA JUGA : Tren Meningkat, Ini Tantangan Pemanfaatan Internet

“Diperkirakan akan ada kenaikan hingga 30%. Hari H lebaran media sosial untuk berbagi momen Idul Fitri dan video call untuk menyapa sanak famili akan menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan. Yang harus mendapat perhatian khusus adalah penggunaannya secara bersamaan,” ucap Tigor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Libur Panjang Kenaikan Yesus Kristus, Operasional KRL Jogja Solo Ditambah Jadi 30 Perjalanan

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement