Hasil Swab Massal di Bambanglipuro, 11 Warga Positif Covid-19

Ilustrasi. - Freepik
27 Mei 2021 13:27 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BAMBANGLIPURO- Satgas Covid-19 Kapanewon Bambanglipuro memastikan sebanyak 11 orang dinyatakan positif Covid-19, dari hasil swab PCR massal terhadap 106 orang se-Kapanewon Bambanglipuro, Bantul.

Jumlah pasien positif Covid-19 tersebut kemungkinan bertambah, karena hasil swab untuk 106 orang tersebut belum keluar semua.

BACA JUGA : Puluhan Warga Kembangan Kutu Bambanglipuro Positif

"Hasil sementara ada 11 yang positif. Semua tidak bergejala. Ini data per Rabu (26/5) sore. Nanti sore masih ada update untuk hasil swabnya," kata Penewu Kapanewon Bambanglipuro Lukas Sumanasa, Kamis (27/5/2021).

Kesebelas pasien Covid-19 tersebut adalah tiga pasien dari Kalurahan Sidomulyo, tiga pasien dari Mulyodadi dan lima pasien dari Sumbermulyo.

Lukas menambahkan, dengan adanya tambahan lima pasien di Sumbermulyo, total jumlah pasien yang terinfeksi Covid-19 di dua RT di Sumbermulyo menjadi 27 pasien. Sebab, sebelumnya telah ada 22 pasien positif Covid-19 di dua RT di Sumbermulyo.

"Sementara untuk total pasien Covid-19 di Kapanewon Bambanglipuro ada 57 pasien. 36 pasien dari Sumbermulyo, 11 dari Mulyodadi dan 10 dari Sidomulyo," lanjut Lukas.

Untuk yang dinyatakan positif, ungkap Lukas saat  ini mereka yang dinyatakan positif telah menjalani perawatan di rumah sakit rujukan Covid-19 dan selter kabupaten serta selter kalurahan.

BACA JUGA : Pernah Kontak dengan Pasien Corona, 106 Warga

Sementara untuk warga yang telah di swab dan belum keluar hasil, saat ini mereka menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing sembari menunggu hasil swab mereka keluar.

"Selama isolasi mandiri, Satgas Covid-19 di tingkat padukuhan dan kalurahan berjaga dan melakukan pengawasan terhadap mereka yang telah menjalani swab," ungkap Lukas.

Disinggung mengenai pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia, Lukas mengakui jika ada satu pasien dinyatakan meninggal dunia. Pasien yang meninggal adalah warga RT 6 Kalurahan Sumbermulyo.

"Itu yang meninggal dunia, yang juru parkir. Dia sudah dimakamkan tadi pagi pukul 02.00 WIB. Sebelumnya dia sempat dirawat di PKU Muhammadiyah Kota Jogja," ucap Lukas.

Sebagaimana diketahui, puluhan warga di Padukuhan Kembangan Kutu, Sumbermulyo, Bambanglipuro positif Covid-19. Saat ini mereka telah menjalani perawatan di rumah sakit rujukan Covid-19 dan selter kabupaten serta selter kalurahan.

Dukuh Kembangan Kutu, Wagino mengatakan, tertularnya puluhan warganya berawal dari salah satu warga RT07 memeriksakan diri ke RS PKU Muhammadiyah Bantul, saat Lebaran 2021.

BACA JUGA : Positif Covid-19 di DIY Bertambah Jadi 38.132 Kasus

Saat diperiksa, orang tersebut dinyatakan positif Covid-19 dan harus menjalani perawatan di rumah sakit tersebut. Oleh Satgas Kalurahan setempat dilakukan tracing kepada istri, anak, pembantu dan karyawan. Hasilnya, ada 13 orang yang sempat dengan pasien Covid-19.

Sementara di waktu bersamaan, kata Wagino, salah satu warga di RT 06 yang memeriksakan diri ke rumah sakit, dinyatakan positif. Satgas Kalurahan juga melakukan tracing terhadap anak, istri dan cucunya. Hasilnya, 7 orang yang kontak erat dengan pasien tersebut dinyatakan positif Covid-19.