PPKM Level 4, Beberapa Pasar di Jogja Belum Buka

Pedagang beraktivitas di los Barat Pasar Beringharjo, sebelum pelaksanaan PPKM Darurat, Senin (3/5/2021). - Harian Jogja/Yosef Leon
22 Juli 2021 18:17 WIB Yosef Leon Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Perdagangan Kota Jogja memastikan sejumlah pasar tradisional nonesensial belum dibuka seiring dengan pelaksanaan PPKM Level 4 pada 21-25 Juli 2021 mendatang. Pedagang luberan yang biasa berdagang di luar pasar juga belum membuka dagangan.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Jogja, Yunianto Dwi Sutono mengatakan, akan segera mengeluarkan surat edaran sementara terkait dengan perpanjangan masa PPKM Darurat. Aturan PPKM Level 4 ini akan mengacu pada aturan sebelumnya yakni PPKM Darurat.

BACA JUGA: Suami Sering Mimpi Didatangi Arwah Istri karena Tali Pocong Belum Dilepas, Kuburan di Klaten Dibongkar

Yunianto menjelaskan, sejumlah pasar non esensial yang masih dilarang untuk beroparasi yakni Pasar Beringharjo Barat, Pusat Bisnis Beringharjo, Klithikan, Pasar Sepeda Tunjung Sari, kemudian Pasar Satwa dan Tanaman Hias. Pada 26 Juli nanti sesuai dengan aturan pemerintah, sejumlah pasar itu akan dibuka perlahan-lahan.

Dia juga menambahkan bahwa selama pelaksanaan PPKM Darurat kemarin, pedagang cukup kooperatif dan mendukung aturan pemerintah. "Kami juga apresiasi para camat yang punya wilayah karena mereka bisa menjaga pedagang," katanya, Kamis (22/7/2021).

Penerapan PPKM juga sebagai momentum untuk menata pasar dan wilayah agar lebih rapi dari pedagang luberan. “Karena pedagang luberan itu juga ada yang punya lapak di dalam. Makanya kami juga inventarisasi untuk penertiban," kata dia.