Advertisement

UGM Adakan Vaksinasi Drive Thru

Lugas Subarkah
Kamis, 29 Juli 2021 - 17:27 WIB
Budi Cahyana
UGM Adakan Vaksinasi Drive Thru Petugas menyuntikkan vaksin secara drive thru kepada pengendara mobil, di FKKMK UGM, beberapa waktu lalu. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM bersama RSUP Dr. Sardjito dan Rumah Sakit Akademik UGM menggelar vaksinasi yang dilakukan secara drive thru selama Juli.

Wakil Dekan Bidang Keuangan, Aset dan SDM FKKMK sekaligus ketua vaksinasi FKKMK, Hera Nirwati, menjelaskan vaksinasi dilakukan secara drive thru untuk menghindari kerumunan. “Biasanya kalau ada vaksinasi kan banyak yang antre, kalau ini dengan kendaraan maka mereka bergerak dengan kendaraan masing-masing,” ujarnya, Kamis (29/7/2021).

BACA JUGA: Kadin DIY Pastikan Tidak Ada Biaya Vaksinasi untuk Pekerja

PROMOTED:  YouGov: Tokopedia Jadi Brand Paling Direkomendasikan Masyarakat Indonesia

Vaksinasi drive thru tidak saja bisa diakses oleh pengguna mobil, melainkan juga pengendara motor, pesepeda, bahkan jalan kaki sekalipun, meski tetap dengan mengikuti alur yang telah disediakan. Vaksinasi dilaksanakan sudah sejak 8 Juli lalu sebanyak 122 vaksin dosis pertama dan 1 vaksin dosis kedua.

Vaksinasi selanjutnya dilaksanakan pada 13, 15, 21, 22 dan 26 Juli dengan jumlah 3.453 dosis pertama dan 18 vaksin dosis kedua. Dengan demikian, jumlah sasaran tervaksin sebanyak 3.471 orang. “RSUP Dr. Sardjito punya sasaran vaksinasi 1.500 per minggu, biasanya dilakukan di tempat medical check,” katanya.

Namun dengan semakin meningkatnya pasien Covid-19, risiko untuk terpapar Covid-19 jadi lebih besar sehingga muncul gagasan untuk berkolaborasi mengadakan vaksinasi drive thru. Dengan demikian, rumah sakit itu dikhususkan bagi penanganan yang sakit, sementara vaksinasi untuk orang yang sehat dilakukan di FKKMK.

Di samping itu, FKKMK juga melakukan kerja sama dengan Rumah Sakit Akademik UGM untuk melakukan vaksinasi drive thru pada 27 hingga 28 Juli. Vaksinasi pada 27 Juli berjumlah 798 pendaftar dengan 596 orang yang hadir. Pada 28 Juli berjumlah 1.063 pendaftar dengan 825 orang yang hadir.

BACA JUGA: 50.000 Siswa di Bantul Dipastikan Terima Bantuan Lewat PKH Tahap III

“Vaksinasi 27 Juli untuk umum. Kemudian 28 Juli ada 1.000 untuk semua warga UGM atau anggota keluarga yang satu rumah. Karena kita menggunakan prinsip vaksin sak omah. Artinya, dalam satu rumah kita usahakan untuk mendapatkan vaksinasi dan mendapatkan perlindungan sehingga dengan vaksinasi seomah ini harapannya semua bisa terlindungi,” katanya.

Advertisement

Vaksinasi 29 Juli 2021 diperluas untuk mahasiswa UGM.  “Harapannya ke depan adalah bisa membantu meningkatkan cakupan vaksinasi yang sebanyak-banyaknya supaya semua orang bisa terlindungi dan herd immunity segera tercapai,” kata dia.

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Pramuka Kwartir DIY Peduli Stunting

Pramuka Kwartir DIY Peduli Stunting

Jogjapolitan | 49 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Pengunjung FKY Tembus 39.000 Orang

Pengunjung FKY Tembus 39.000 Orang

Jogjapolitan | 13 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Capai Finish Bank Jateng Friendship Run Borobudur Marathon 2022, Ganjar Kain Tenun Ulos

News
| Senin, 26 September 2022, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Ada Paket Wisata ke Segitiga Bermuda, Uang 100% Kembali Jika Wisatawan Hilang

Wisata
| Minggu, 25 September 2022, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement