Advertisement

Tak Ada Rest Area di Jalan Tol Wilayah DIY, Pemkab Sleman Bakal Bikin TMF

Abdul Hamied Razak
Senin, 06 September 2021 - 06:27 WIB
Nina Atmasari
Tak Ada Rest Area di Jalan Tol Wilayah DIY, Pemkab Sleman Bakal Bikin TMF Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Ruas jalan Tol Jogja-Solo maupun Jogja-Bawen yang masuk wilayah DIY, tidak dilengkapi dengan fasilitas rest area. Sebagai gantinya, Pemkab Sleman akan menyediakan Transit Multi Fungsi (TMF).

Keberadaan dua TMF ini, setidaknya akan dibangun di dua lokasi berbeda. Masing-masing untuk tol Jogja Solo dan Jogja Bawen. TMF ini merupakan sebuah kawasan multi fungsi yang di dalamnya terdiri dari pusat souvenir, tempat parkir, show room UKM, tourist information center, dan pusat kuliner.

Advertisement

"Di tol Jogja Solo maupun Jogja Bawen yang melewati DIY, disepakati tidak ada rest area di dalam tol. Sebagai pengganti rest area, kami rencanakan konsepnya transit multi fungsi (TMF)," kata Kepala Bidang Fisik dan Prasarana Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sleman, Dona Saputra Ginting, Minggu (5/9/2021).

Baca juga: Libur Akhir Pekan, Malioboro Ramai Pengunjung

Lokasi TMF untuk Tol Jogja Solo berada di exit/entry Bokoharjo, Prambanan sementara untuk Tol Jogja Bawen, kata Dona, rencananya akan dibangun di exit/entry Banyurejo, Tempel. "Hanya saja, untuk yang di Banyurejo ini kami masih mencari bentuknya. Kemungkinan konsepnya seperti TMF juga," terang Dona.

Sesuai dengan namanya, terang Dona, keberadaan TMF ini nantinya akan memadukan rest area dengan wadah transit wisata di sekitar lokasi. Ini merupakan satu lokasi Integrated Tourism Master Plan (ITMP) di DIY. Di dalamnya juga terdapat plaza pusat showrom untuk UMKM lokal yang dikelola oleh masyarakat. Hal itu untuk mengakomodasi kegiatan ekonomi di sekitar exit tol.

"Misalnya untuk TMF di Bokoharjo yang dilibatkan nanti UMKM lokal dan kalurahan serta melibatkan TWC (Taman Wisata Candi) dan Pemkab," ujar Dona.

Baca juga: Pintu Masuk Parangtritis Disekat, Pengunjung Putar Balik

Terkait TMF ini, Kepala Bidang Tata Ruang Dispertaru Sleman Dwike Wijayanti mengatakan keberadaan TMF ini diharapkan dapat memicu kawasan tumbuh cepat untuk meningkatkan kesejahteraan warga. Di TMF nantinya akan dilengkapi masjid, tempat parkir, hingga kios penjualan produk UMKM Sleman.

Untuk exit tol di Banyurejo, Tempel, katanya, bentuk kosep "rest area" yang akan dibangun masih dalam pembahasan. "Sebagai exit tol, diharapkan orang yang datang transit dulu di sana (TMF). Orang turun dari tol butuh bensin, snack atau kebutuhan dalam perjalanan bisa terpenuhi di sana sebelum melanjutkan perjalanan," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ribuan Tentara Angkatan Laut Amerika Serikat Ikuti Pelatihan di di Australia

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement