Advertisement

DIY Siapkan Uji Coba Pembukaan Destinasi Wisata, Ini Lokasi yang Akan Dibuka

Ujang Hasanudin
Selasa, 07 September 2021 - 16:17 WIB
Budi Cahyana
DIY Siapkan Uji Coba Pembukaan Destinasi Wisata, Ini Lokasi yang Akan Dibuka Objek wisata Tamansari, Jogja yang ditutup selama PPKM Darurat. Foto diambil, Minggu (18/7/2021). - Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemda DIY mempersiapkan uji coba pembukaan objek wisata di beberapa destinasi wisata seiring keputusan Pemerintah Pusat menurunkan level PPKM dari 4 menjadi level 3 per 6 September 2021.

Namun, uji coba pembukaan destinasi wisata tersebut masih menunggu instruksi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenpaerkraf) yang rencananya dibahas secepatnya. “Destinasi wisata boleh dibuka kalau sudah mendapatkan izin dari Kemenparekraf. Nanti akan ada surat dari Kemenparkraf destinasi mana saja yang boleh buka,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji, Selasa (7/9/2021).

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

BACA JUGA: Hanya Satu Zona Merah Covid-19 di Jogja, Ini Wilayahnya

Baskara Aji belum bisa menyampaikan destinasi wisata mana saja yang sudah bisa uji coba beroperasi karena belum ada informasi dari Kemenparekraf. Namun yang pasti, kata dia, destinasi wsiata yang kemungkinan boleh ujicoba beroperasi adalah yang sudah menyiapkan sarana prasarana protokol kesehatan dan aplikasi PeduliLindungi.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo juga menunggu rambu-rambu dari Kemenparekraf tentang tempat wisata mana saja yang boleh melakukan ujicoba pembukaan.

“Kemenparekraf akan memberikan rambu-rambu atau keputusan yang boleh buka seperti apa. Kami akan koordinasi. Kami masih menunggu keputusan Kemenparekraf yang akan dibahas bersama Menteri [Menteri Pariwisata dan ekonomi Kreatif], sore ini,” kata Singgih.

Menurut dia, destinasi wsiata yang boleh buka adalah destinasi yang sudah mengantongi sertifikat CHSE yang berarti destinasi wisata yang bersih, sehat, aman, dan nyaman lingkungan. Selain itu juga destinasi yang sifatnya outdoor karena dari sisi resiko penularan Covid-19 lebih rendah daripada aktivitas indoor.

BACA JUGA: DIY PPKM Level 3, Ini Aturan Lengkap yang Berlaku

Advertisement

Menurut Singgih, sampai akhir 2020 lalu sudah ada 269 destinasi wisata dan sarana pendukung destinasi wisata seperti hotel dan restoran yang sudah mengantongi sertifikat CHSE, namun sebagian besar adalah hotel dan restoran. Kawasan pantai Singgih belum ada yang mengantongi sertifikat CHSE karena pada 2020 lalu tidak mengajukan. Namun, menurutnya pantai kemungkinan menjadi pertimbangan untuk uji coba beroperasi karena berada di area terbuka.

Singgih mengatakan uji coba pembukaan destinasi wisata saat ini tidak jauh berbeda dengan uji coba pembukaan wisata pada 2020 lalu sehingga kemungkinan masih ada pengaturan dan pembatasan tertentu.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Senin, 5 Desember 2022

News
| Senin, 05 Desember 2022, 08:27 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement