Mahasiswi Stikom Jogja Menang Lomba News Presenter

Fatimatuz Zahro Mahasiswi Stikom Jogja menerima hadiah sebagai pemenang Lomba News Presenter di AMTV Lamongan. - Ist
14 September 2021 15:57 WIB Nina Atmasari Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Seorang mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Jogja berhasil memenangkan Lomba Video Kreatif dan Presenter yang diadakan Aula Media TV (AMTV) Lamongan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia (RI).

Dia adalah Fatimatuz Zahro, atau yang akrab disapa Zahro, mahasiswi D3 Jurusan Public Relations di Stikom Jogja. Ia meraih juara 1 untuk kategori News Presenter, mengalahkan 45 peserta dari seluruh Jawa Timur. "Tidak menyangka banget bisa menang, karena baru pertama kali ikut lomba news presenter," katanya, Selasa (14/9/2021).

Mahasiswi semester lima ini mengungkapkan di lomba ini, awalnya ia harus membuat video sendiri lalu diunggah di Youtube. Hasilnya, semua video yang dikirim peserta diseleksi dan dipilih lima terbaik yang diumumkan pada 11 September 2021. Lima nominasi tersebut kemudian diundang ke studio AMTV Lamongan keesokan harinya untuk penilaian langsung.

Baca juga: Telkom Pastikan Keamanan Data dan Keaslian Status PeduliLindungi

Di kegiatan tersebut, peserta harus mengikuti lomba membaca berita dari teks yang sudah disediakan, serta melakukan liputan langsung di lapangan dengan tema yang sudah ditentukan. Hasil lomba langsung diumumkan dan Zahro dinyatakan sebagai pemenang pertama.

"Sebenarnya itu sangat mendadak. Saya hanya punya waktu semalam untuk belajar. Caranya, saya tak henti-hentinya membaca naskah berita," kata perempuan kelahiran 1 Februari 2001 tersebut.

Menjadi presenter, bagi mahasiswi yang aktif di kegiatan televisi kampus Akindo TV ini merupakan hal baru. Di kegiatan tersebut, ia biasanya terlibat sebagai talent hingga produser, serta terlibat melaksanakan acara seperti bakti sosial dan workshop.

Baca juga: MPR Jawab Isu Amendemen UUD 1945 untuk Perpanjang Jabatan Jokowi 3 Periode

"Saya merasa beruntung, dukungan dari kampus Stikom Jogja turut memudahkan langkah saya. Saat saya share link tayangan Youtube untuk lomba, banyak dosen dan mahasiswa kampus ikut mendukung dan memberi semangat," tuturnya.

Dari kemenangan ini, selain mendapatkan hadiah uang dan piagam, Zahro juga direkrut untuk bergabung dengan AMTV Lamongan. Ia mengaku akan terus mengasah bakatnya untuk menekuni minatnya di bidang penyiaran dan mewujudkan cita-cita untuk bisa masuk ke stasiun televisi nasional.

Zahro pun berpesan pada para teman-teman di kampusnya untuk semangat dan terus belajar diiringi doa agar apa yang dicita-citakan bisa tercapai. "Saya ingat pesan BJ Habibi yang menyebut keberhasilan bukan milik orang yang pintar tapi milik orang yang berusaha," katanya. (ADV)