Program Pasar Kita Semua untuk Bangitkan UMKM Gunungkidul

Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto (paling kiri) saat meninjau bazaar dalam kegiatan Businees Opportunity Expo yang diselenggarakan halaman gedung DPRD Gunungkidul, Minggu (24/10). - Ist/PKS.
25 Oktober 2021 14:47 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, WONOSARI – DPD PKS Gunungkidul berkomitmen dalam upaya pengembangan sektor UMKM di Bumi Handayani. Selain rutin memberikan pendampingan dan pembinaan, bentuk dukungan juga dilakukan dengan menggelar Businees Opportunity Expo (BOE) bertajuk Pasar Kita Semua.

Ketua DPD PKS Gunungkidul, Tri Iwan Isbumaryani mengatakan, partainya ikut dalam upaya pengembangan sektor UMKM. Setidaknya ada 80 UMKM binaan yang meliputi usaha kuliner, olahan makanan ringan, budidaya madu hingga fashion.

BACA JUGA : Pengurus DPW PKS DIY Ziarah di Pusara Pahlawan Revolusi

Untuk mengangkat UMKM maka diselenggarakan BOE dua minggu mulai 10-24 Oktober. Upaya pemasaran produk tidak hanya dilakukan secara konvensional dengan menggelar bazar produk UMKM binaan seperti yang diselenggarakan di halaman Gedung DPRD Gunungkidul, Minggu (25/10). Namun demikian, pemasaran juga dilaksanakan secara online sejak awal program yang bertajuk Pasar Kita Semua.

“Untuk online omsetnya mencapai Rp25 juta, sedangkan untuk offline ditarge mencapai Rp50 juta,” kata Iwan dalam rilis yang diterima Harian Jogja, Senin (25/10).

Dia menjelaskan, sektor UMKM memiliki peran yang sangat penting dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat karena menyerap banyak tenaga kerja. Adanya pandemi corona ikut memukul sektor ini sehingga membutuhkan sarana untuk bangkit. Diharapkan dengan diterapkannya PPKM level dua menjadi awal yang bagus dalam upaya pemulihan ekonomi, khususnya di sektor UMKM.

“Pasar Kita Semua akan rutin diseelenggarakan setiap tahun sebagai upaya pengenalan produk UMKM di Gunungkidul,” katanya.

Ditambahkan Iwan, selain kegiatan bazar juga diselenggarakan seminar motivasi bisnis untuk menambah wawasan pelaku usaha di Gunungkidul. “Kami juga selenggarakan senam serta cek kesehatan bagi masyarakat,” katanya.

BACA JUGA : PKS Temui Pengurus Muhammadiyah Kota Jogja

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Gunungkidul, Kelik Yuniantoro mengparesiasi BOE yang dilaksanakan DPD PKS. Menurut dia, kegiatan ini sebagai upaya mendorong kebangkitan ekonomi di sektor UMKM setelah terpukul akibat adanya pandemi corona.

Dia pun mendorong kepada sektor UMKM untuk melengkapi perizinan serta melakukan penyesuaian standarisasi produk agar bisa diterima di pasar yang lebih luas. “Untuk perizinan dan standarisasi produk, kami siap memberikan pendampingan dan pelatihan kepada kelompok usaha di Gunungkidul,” katanya.