Advertisement

Hujan Deras di Bantul, Empat Pohon Tumbang dan Tiga Tanah Bergerak

Catur Dwi Janati
Kamis, 11 November 2021 - 23:07 WIB
Budi Cahyana
Hujan Deras di Bantul, Empat Pohon Tumbang dan Tiga Tanah Bergerak Ilustrasi - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Hujan deras yang mengguyur Bantul menyebabkan sejumlah pohon tumbang. Tak hanya itu, satu talut tusak karena terjadi pergeseran tanah.

Plt. Kepala Pelaksana BPBD Bantul, Agus Yuli, melaporkan empat pohon tumbang dan tiga pergerakamn tanah terpantau di beberapa titik di Bantul. Pohon tumbang terjadi di Wirokerten, Trimulyo, Srihardono dan Sriharjo. "Dampak dari pohon tumbang ini ada yang menutup jalan, ada dua yang menimpa rumah dan ada juga yang menimpa jaringan PLN," terangnya, Kamis (11/11/2021).

Advertisement

"Hujan turun sejak pukul 01.00 WIB. Di Wirokerten pohon menimpa atap teras rumah. Kalau di Trimulyo pohonnya menganggu akses jalan.”

Di Karangtengah Imogiri, tanah yang bergerak mengakibatkan satu talut rusak parah. Sementara itu di Dlingo, dua gerakan tanah terlaporkan terjadi. Jalan dan selokan ikut rusak karena pergerakan tanah yang terjadi.

Menurut Agus, pergerakan tanah terjadi karena tanah kering yang merekah lalu jenuh karena hujan yang terus menerus turun. "Tanah itu juga kan ada pergerakan. Ketika kemarau itu kering, ada rekahan. Terus hujan, itu kan mudah bergerak," jelasnya.

"Banjir belum ada, hujan seharian tapi mungkin belum sampai meluap. Artinya tanahnya belum jenuh, tapi mungkin satu bulan atau beberapa pekan lagi tanahnya jenuh ya gampang meluap," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement