Hujan Deras di Bantul, Empat Pohon Tumbang dan Tiga Tanah Bergerak

Ilustrasi - Reuters
11 November 2021 23:07 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Hujan deras yang mengguyur Bantul menyebabkan sejumlah pohon tumbang. Tak hanya itu, satu talut tusak karena terjadi pergeseran tanah.

Plt. Kepala Pelaksana BPBD Bantul, Agus Yuli, melaporkan empat pohon tumbang dan tiga pergerakamn tanah terpantau di beberapa titik di Bantul. Pohon tumbang terjadi di Wirokerten, Trimulyo, Srihardono dan Sriharjo. "Dampak dari pohon tumbang ini ada yang menutup jalan, ada dua yang menimpa rumah dan ada juga yang menimpa jaringan PLN," terangnya, Kamis (11/11/2021).

"Hujan turun sejak pukul 01.00 WIB. Di Wirokerten pohon menimpa atap teras rumah. Kalau di Trimulyo pohonnya menganggu akses jalan.”

Di Karangtengah Imogiri, tanah yang bergerak mengakibatkan satu talut rusak parah. Sementara itu di Dlingo, dua gerakan tanah terlaporkan terjadi. Jalan dan selokan ikut rusak karena pergerakan tanah yang terjadi.

Menurut Agus, pergerakan tanah terjadi karena tanah kering yang merekah lalu jenuh karena hujan yang terus menerus turun. "Tanah itu juga kan ada pergerakan. Ketika kemarau itu kering, ada rekahan. Terus hujan, itu kan mudah bergerak," jelasnya.

"Banjir belum ada, hujan seharian tapi mungkin belum sampai meluap. Artinya tanahnya belum jenuh, tapi mungkin satu bulan atau beberapa pekan lagi tanahnya jenuh ya gampang meluap," ujarnya.